Istilah “babymoon” di masa lalu punya arti yang sedikit berbeda. Baby moon dulu merujuk pada periode awal pasca melahirkan di mana Moms hanya fokus pada bayinya. Sekarang babymoon memiliki arti honeymoon yang dilakukan saat hamil, sebagai momentum liburan besar terakhir bersama Dad sebelum menyambut anggota keluarga baru. 

Pandemi COVID 19 sayangnya berdampak pada banyak hal, termasuk pada kebiasaan babymoon ini. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan risiko-risiko yang harus dihadapi jika ingin babymoon saat pandemi. Apa saja? Yuk, dicatat, Moms. 

Tanya Dokter Kandungan 

Sebelum merencanakan bepergian ke mana pun yang jaraknya jauh, Moms harus berkonsultasi lebih dahulu pada dokter kandungan yang selama ini memeriksa Moms. Pastikan kondisi fisik Moms dan janin kuat dan aman untuk melakukan perjalanan. 

Liburan Singkat 

Dilansir dari Babycenter, dibandingkan liburan panjang yang sangat jauh dari rumah, liburan singkat satu hari atau staycation yang tidak terlalu jauh akan lebih aman bagi Moms yang ingin babymoon saat pandemi. Hal ini dilakukan untuk menghindari paparan virus COVID19 yang terlalu banyak dan juga jika terjadi sesuatu, Moms tidak berjarak terlalu jauh dari dokter kandungan yang biasa merawat. 

Risiko Perjalanan Udara vs Darat 

Perjalanan udara membuat Moms bertemu lebih banyak orang dan berada di ruangan publik tertutup lebih lama ketimbang perjalanan darat dengan mobil pribadi. Hal ini tentunya membuat risiko terinfeksi COVID19 akan lebih tinggi jika Moms memilih destinasi babymoon yang harus menggunakan transportasi udara. 

Protokol Kesehatan Destinasi 

Entah itu babymoon di hotel atau ke tempat wisata, pastikan Moms telah mengecek bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan di destinasi tersebut. Hal ini krusial, karena ibu hamil yang terinfeksi COVID19 lebih rentan pada berbagai komplikasi kehamilan seperti kelahiran prematur. Moms sendiri juga harus mawas diri, dengan selalu menjaga kebersihan, memakai masker, dan menjaga jarak dari orang lain. 

Jaga Kondisi Tubuh

Saat bepergian, pastikan selalu jaga asupan cairan dan makanan ya, Moms. Prioritaskan tidur dan selalu dengarkan tanda-tanda dari tubuh. Jangan memaksakan diri. 

Selama pandemi memang sebaiknya kita lebih banyak di rumah saja. Namun, jika memang Moms dan pasangan merasa sangat membutuhkan babymoon, jangan lupakan 5 hal di atas ya. Happy babymoon! 

^IK