Asupan nutrisi selama hamil merupakan faktor penting untuk kesehatan Mama dan si Kecil yang dikandungnya.

Kehamilan tentunya membawa kebahagiaan bagi Mama dan keluarga. Namun, dalam suasana suka cita tersebut, Mama tidak boleh melupakan hal penting dalam kehamilan yaitu nutrisi. Asupan nutrisi selama hamil berpengaruh besar terhadap kesehatan Mama dan janin tumbuh kembang si Kecil yang dikandung.

Salah satu dampak kekurangan nutrisi pada Mama hamil adalah anemia. Dan ini menjadi penyakit umum yang dialami Mama hamil, khususnya di Indonesia.

Beberapa dampak kekurangan nutrisi saat hamil adalah pertumbuhan janin yang terhambat, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah (BBLR) hingga kematian janin dan Mama. Bahkan asupan nutrisi yang tidak seimbang selama hamil dapat memengaruhi kesehatan si Kecil di masa depan. Penelitian menemukan bahwa malnutrisi pada Mama hamil, bisa meningkatkan risiko penyakit kronis pada si Kecil di masa depan, termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker. Kurang terpenuhinya nutrisi saat hamil juga dikaitkan dengan fungsi kognitif yang tidak optimal, terganggunya perhatian hingga masalah perilaku si Kecil nantinya.

Angka kecukupan gizi saat hamil

Mama hamil membutuhkan nutrisi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia, Mama hamil membutuhkan tambahan asupan energi 180 kkal pada trimester pertama dan 300 kkal pada trimester dua dan tiga.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh Mama hamil mencakup makro dan mikronutrisi. Makronutrisi yang dianjurkan selama kehamilan adalah protein sebesar 60 gram/hari, karbohidrat 45-64% dari kalori harian, serta lemak total sekitar 20-35% dari kalori harian.

Sedangkan beberapa mikronutrisi penting yang dMamatuhkan Mama hamil adalah zat besi, asam folat, vitamin A, B, C, D, E, K,  B6, B12, zinc, omega 6, dan lainnya.     

Kebutuhan nutrisi selama kehamilan bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang. Sumber nutrisi bisa Mama peroleh dari asupan makanan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, susu dan produk turunannya, daging sapi, ayam, telur, ikan dan sebagainya.

Pentingnya susu saat hamil

Memberikan nutrisi yang tepat untuk si Kecil yang sedang tumbuh di dalam rahim Mama adalah bentuk tanggung jawab dan kasih sayang Mama sebagai orangtua.  Mendapatkan nutrisi yang cukup juga sangat penting untuk kesejahteraan Mama selama menjalani kehamilan. Dan susu adalah salah satu sumber nutrisi yang Mama perlukan selama hamil. Selain makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, Mama juga perlu melengkapi nutrisi dengan minum susu setiap hari. 

Susu memiliki nilai gizi yang tinggi dan merupakan sumber vitamin D yang penting bagi Mama hamil. Berdasarkan sebuah penelitian, asupan vitamin D yang cukup selama kehamilan dapat menurunkan risiko si Kecil terkena alergi di masa depan. Selain itu, sebagai sumber kalsium, minum susu juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium Mama yang menigkat, dari 1000 mg/hari menjadi 1200 mg/hari.

Minum susu selama kehamilan juga dapat meningkatkan pertumbuhan si Kecil. Susu kaya akan proteim, asam amino, dan asam lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf si Kecil. Kaya akan kalsium dan zat besi sehingga dapat membantu pembentukan dan perkembangan tulang si Kecil. Susu juga mengandung semua vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan si Kecil di dalam kandungan.

Susu yang baik untuk Mama hamil tentunya yang mengandung nutrisi superior, yang lengkap memenuhi kebutuhan selama kehamilan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh Mama, memenuhi nutrisi makro dan mikro Mama dan si Kecil, hingga membantu mengoptimalkan kemampuan berpikir si Kecil nantinya.

Pilih juga susu yang rendah sukrosa atau gula karena bisa mengurangi risiko janin tumbuh lebih besar (makrosomia) dan menghindari terjadinya persalinan prematur. Selain kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh Mama hamil, rasa yang enak juga perlu menjadi pertimbangan supaya Mama rajin mengonsumsi sehingga kebutuhan nutrisi Mama terpenuhi.

LACTAMIL, pelengkap nutrisi sejak persiapan kehamilan

LACTAMIL merupakan susu hamil yang mengandung nutrisi superior yang lengkap dengan rasa yang sangat enak dan rendah sukrosa.

Sebagai sumber protein dan tinggi zat besi, LACTAMIL memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro Mama dan si Kecil. Kandungan vitamin D3 dan C pada LACTAMIL, dapat membantu tingkatkan daya tahan tubuh. Sementara kandungan Vitamin B9 (asam folat) dan Omega6-nya membantu mengoptimalkan kemampuan berpikir si Kecil.

LACTAMIL dangan ACTI Duobio + bantu penuhi nutrisi Mama dan si Kecil sejak persiapan kehamilan. Nutrisi ganda untuk Mama dan janin, serta manfaat ganda untuk daya tahan tubuh dan perkembangan otak si Kecil.

Tersedia 3 rangkaian LACTAMIL dengan ACTI Duobio + yaitu Inisis untuk perencanaan dan awal kehamilan serta membantu mengurangi mual, Pregnasis selama kehamilan dan Lactasis untuk Mama menyusui.