Ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan untuk memantau kesehatan ibu hamil dan si kecil dalam kandungan. Apa saja di antaranya?

Berikut beberapa pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan berdasarkan usia kehamilan.

  1. Trimester Pertama

Dalam setiap kunjungan, dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin yang meliputi pemeriksaan tekanan darah dan berat badan ibu, serta pemeriksaan kondisi janin yang dilakukan dengan pemeriksaan USG. 

Selain pemeriksaan rutin, juga dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil untuk mendeteksi beberapa hal berikut.

Pada usia kehamilan 11-14 minggu, dokter juga dapat melakukan deteksi dini Sindrom Down pada janin dengan pemeriksaan USG. Pada pemeriksaan akan ditemukan penebalan tengkuk janin yang dapat menandakan adanya kelainan kromosom janin. 

  1. Trimester Kedua

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, dokter akan melakukanpemeriksaan darah dan pemeriksaan urin untuk mendeteksi kondisi diabetes gestasional dan preeklampsia pada ibu hamil. Jenis pemeriksaan ini akan dilakukan pada ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi dan riwayat diabetes di dalam keluarga.

  1. Trimester Ketiga

Pemeriksaan USG akan dilakukan untuk memantau pertumbuhan janin dan jumlah cairan ketuban, serta menentukan letak plasenta dan posisi si kecil terhadap jalan lahir. Pemeriksaan darah dan pemeriksaan urin juga dapat diulang jika perlu, untuk memantau kondisi kesehatan ibu menjelang persalinan.