Saat kehamilan memasuki usia 4 bulan,  para Moms pasti sudah tidak sabar ingin beli semua perlengkapan bayi, apalagi kalau jenis kelamin sudah diketahui. Namun banyak juga yang menganggap pantang beli saat usia kehamilan masih kecil. Mayoritas Moms membeli barang atau perlengkapan bayi saat usia kehamilan menginjak 7 bulan,  bahkan ada satu daerah yang baru beli perlengkapan bayi ketika lahiran. 

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya membeli perlengkapan bayi saat usia kehamilan di atas 4 bulan. Saat itu hasil USG sudah ketahuan jenis kelaminnya perempuan. Jadi semakin panjang daftar barang yang ingin dibeli. Akhirnya saya beli dengan cara mencicil  biar enggak terasa berat pengeluarannya. Lalu apa aja sih yang harus dibeli di masa persiapan? Berikut daftarnya: 

Pakaian bayi 

Pakaian bayi berbahan katun yang hipno alergi atau anti alergi agar aman di kulit bayi yang sensitif. Untuk pakaian bayi sendiri saya beli beberapa, di antaranya : 

- Kaos Kutung 3 pcs

- Kaos tangan pendek 3 pcs 

- Kaos tangan panjang 3 Pcs 

- Popok kain 1 lusin 

- Jumper 2 set ( 1 lengan pendek + 1 lengan panjang) 

- Baju pendek setelan 3 pcs 

- Baju Panjang setelan 3 pcs, saya sengaja beli cuma sedikit karena bayi cepat besar dan baju bayi dicuci tiap hari, jadi enggak perlu beli banyak karena sayang kalau tidak terpakai.

Selimut bayi / kain bedongan 

Untuk kain bedongan sendiri saya beli 1 lusin pakai merk libby dan velvet junior. Ini  dua brand bayi yang kualitas bahannya halus dan nyaman untuk bayi, termasuk untuk bayi yang hipno alergi. Harga juga terjangkau alias ramah kantong (1 bedong kira2 Rp 35.000).

Kaos kaki 

Kaos kaki disini saya beli yang untuk NB 3 set karna cepet copot atau terlepas. Saya beli kaos kaki untuk anak usia 3 bulan. Menurut saya membeli yang ukuran lebih besar lebih enak dan terpakai sekali karena tidak mudah lepas. Cuma karetnya agak berbekas di kaki. 

Sarung tangan 

Fungsinya agar bayi tidak menggaruk area muka. Kalau saya beli 3 set juga, tapi tidak terpakai. Saya lebih memilih tangan Alicia bergerak bebas dan kuku mungilnya rutin saya potong dan bersihkan. 

Topi bayi

Menurut saya ini pilihan menurutku mau beli atau tidak karena enggak semua bayi mau memakai topi, seperti Alicia yang enggak betah memakai topi, lebih suka memakai bando. 

Perlengkapan mandi 

Barang-barang untuk perlengkapan bayi yang saya beli, antara lain bak mandi, jengkok, sabun dan sampo, handuk bayi, bedak dan telon. 

Satu set kasur bayi

Terdiri dari kasur, 2 bantal pala dan 2 guling. Untuk kasur saya pilih bahan katung Jepang, meski harganya cukup mahal tapi kualitasnya bagus. 

Kelambu bayi 

Berguna untuk menghindari bayi dari gigitan nyamuk . 

 

Kira.kira segitu perlengkapan bayi yang saya beli dan terpakai, sisanya perlengkapan bayi saya dapat dari hadiah. Oh ya, jangan beli terlalu banyak karena bakalan dapat kado. Duh, ngarep amat, ya.