Ibu hamil memiliki beberapa pantangan yang harus mereka hindari, seperti konsumsi makanan hingga kebiasaan lain yang harus dihindari. Salah satu makanan yang harus dihindari adalah sayuran. Sayuran yang dilarang untuk ibu hamil tidak hanya satu jenis, namun beberapa jenis yang bisa Moms perhatikan sebelum membeli dan mengkonsumsi sayuran tersebut. Hal tersebut dilihat berdasarkan kandungan yang ada dalam sayuran tersebut. 

Berikut rekomendasi sayuran yang harus dihindari untuk ibu hamil, berikut penjelasan lengkapnya:

Tauge

Tauge merupakan salah satu sayuran yang sering kita jumpai dalam beragam jenis makanan, mulai dari ditumis hingga menjadi varian makanan yang lain. Sayuran ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena bisa mempercepat pertumbuhan bakteri dan bisa berakibat pada pertumbuhan janin. Apalagi saat dikonsumsi secara mentah, seperti: gado-gado maupun varian makanan lainnya. Untuk itu jangan sampai mengonsumsi sayuran secara mentah dan bisa diganti dengan sayuran lainnya.

Lalapan

Lalapan merupakan salah satu jenis lauk terfavorit bagi masyarakat Indonesia, terutama ibu-ibu yang suka sambal. Namun karena sayur dalam lalapan tidak dicuci bersih bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri semakin meningkat dan bisa berakibat pada gangguan pencernaan. Apalagi dalam lalapan memiliki beragam sayuran, seperti: selada, kubis dan sayuran mentah lainnya. Sehingga untuk mengkonsumsi lalapan pastikan sayurannya direbus terlebih dahulu. 

Hal tersebut untuk mematikan bakteri yang ada dalam sayuran. Sayuran yang dilarang untuk ibu hamil tersebut bukan hanya terletak pada kandungan sayuran namun lebih pada bakteri atau kandungan pestisida yang ada dalam sayuran tersebut. Untuk itu Moms bisa melakukan antisipasi agar semua bisa teratasi dengan baik dan Moms bisa mengonsumsi makanan favorit yang Moms inginkan. Sebelum mengonsumsi, pastikan Moms memperhatikan jenis dan kebersihan sayur yang akan dikonsumsi.

Pare

Pare merupakan salah satu sayuran yang memiliki manfaat bagi penderita darah tinggi maupun gejala lainnya. Namun sayuran satu ini tidak cocok untuk ibu hamil, karena kandungannya bisa berakibat pada gejala pusing, kram hingga mual. Hal ini juga bisa memicu gejala pencernaan. Sehingga sebelum mengonsumsi sayuran ini, pastikan Moms memahami kandungan yang ada dan bisa memilih dan memilah sayuran yang ada. Apalagi getah dalam pare bisa mengakibatkan gejala yang tidak baik untuk kesehatan.

Pepaya

Pepaya muda yang masih mengandung getah tentu saja tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk ibu hamil. Getah pepaya berbahaya bagi kesehatan, sehingga Moms bisa memilih dan memiliki trik dalam mengkonsumsi makanan tersebut. Kandungan sayuran berbahaya tersebut bisa mengakibatkan beragam gejala yang tidak diinginkan, sehingga Moms bisa membuat varian makanan dengan prosedur memasak yang benar dan aman untuk ibu hamil.

Demikian penjelasan mengenai sayuran yang dilarang untuk ibu hamil, semoga penjelasan tersebut membantu ibu hamil dalam mengkonsumsi beragam sayuran.

^ER