Paracetamol merupakan jenis obat yang dikonsumsi untuk penyakit tertentu, seperti: demam, nyeri hingga berbagai keluhan lainnya. Tentu saja obat ini dikonsumsi dengan rekomendasi dan resep dari dokter, apalagi untuk ibu hamil. Obat ini tergolong aman karena tidak ada klaim yang menunjukkan bahaya atau beresiko saat dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, Moms perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk penggunaannya. 

Berikut penjelasan lengkap mengenai tips dalam mengkonsumsi paracetamol untuk ibu hamil:

Baca kandungan terlebih dahulu

Sebelum mengonsumsi obat, alangkah baiknya Moms membaca kandungan apa saja yang terdapat dalam obat paracetamol tersebut. Apakah ada kandungan yang berbahaya, seperti halnya kandungan kafein yang tinggi. Untuk itu jangan sampai mengonsumsi obat dengan kandungan kafein yang berlebihan, dosis maksimal untuk ibu hamil adalah 200 mg. Namun untuk lebih lanjutnya konsultasikan dengan dokter kandungan Moms. 

Dengan mengkonsumsi dosis yang aman untuk dikonsumsi dan telah ditentukan oleh dokter, Moms bisa menggunakannya untuk obat paracetamol untuk ibu hamil dengan gejala keluhan yang dialami. Jangan sampai Moms mencampurkan dengan beberapa jenis obat namun tanpa pengawasan dokter. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Untuk itu perhatikan kandungan obat, dikarenakan ada beberapa kandungan yang tidak bisa dicampur dan digunakan secara bersamaan. 

Tidak ada alergi obat

Sebelum mengonsumsi obat pastikan Moms tidak mempunyai gejala alergi terhadap obat, sehingga bisa mengonsumsi obat dengan aman. Apalagi beberapa obat bisa mengakibatkan gejala yang berbeda, jika ada salah satu obat yang tidak cocok atau memiliki riwayat alergi dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Karena bisa berakibat dengan membahayakan janin yang ada dalam kandungan Moms.

Paracetamol aman bisa dikonsumsi dengan pengawasan dokter dan tentunya dengan resep yang telah ditulis untuk Moms. Gejala alergi yang ditimbulkan pun bermacam-macam mulai dari gatal-gatal, pusing hingga kemerahan. Untuk itu, Moms bisa memilih jenis obat yang aman untuk kesehatan ibu dan anak. Mulai dengan dosis yang rendah dan dengan kandungan yang tergolong aman. Apalagi ibu hamil sensitif dengan beberapa kandungan obat. 

Cuci tangan

Mencuci tangan adalah suatu hal yang harus dilakukan untuk ibu hamil maupun setiap orang. Saat mengonsumsi obat pastikan tangan Moms bersih dan terhindar dari kuman agar tidak mengakibatkan gejala atau penyakit yang lainnya. Dengan mencuci tangan, maka pengambilan obat akan terasa steril dan tidak akan berakibat pada gangguan lainnya. Karena jika tidak, akan berakibat pada gangguan pencernaan hingga organ lainnya. 

Batas konsumsi paracetamol juga beragam, yakni 4-8 jam tergantung dari gejala dan obat yang telah diresepkan. Untuk itu, pastikan Moms memiliki prosedur meminum obat dengan benar agar tidak berakibat gangguan atau semakin memperparah kondisi Moms. 

Demikian penjelasan mengenai tips untuk mengkonsumsi obat paracatemol untuk ibu hamil. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

^ER