Hamil merupakan momen yang paling bahagia buat seorang perempuan. Namun, akibat perubahan hormon dalam tubuh, Moms hamil jadi lebih sensitif, sehingga mudah mengeluh, marah dan menggerutu. Jadi, bukan hanya perempuan yang tidak hamil, Moms hamil pun  bisa tersinggung dengan perkataan yang berkaitan dengan bentuk tuibuh,  bahkan dengan kata kata yang kita anggap sepele atau biasa.

Menurut The Mommy Docs, yang terdiri dari Yvonne Bohn, MD, Alane Park, MD, and Allison Hill, MD, tiga dokter kandungan yang menulis buku The Mommy Docs' Ultimate Guide to Pregnancy and Birth, jangan ucapakan kata-kata atau komentar yang bisa menyinggung Moms hamil berikut ini: 

Yakin, yang di perut bukan anak kembar? 

Moms hamil yang tahu pasti akan kehamilannya, pasti akan tersinggung meski tahu akan kenaikan berat badannya. Moms hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan  meski berbeda jumlahnya pada setiap orang. Moms hamil bisa sangat sensitif mengenai penambahan berat badan, terutama bila mereka sedang merasa tidak dalam kondisi menarik. 

Kok, kurus banget? Tidak terlihat sedang hamil. Wah, enggak sehat, nih! 

Setiap Mons hamil mengalami peningkatan berat badan yang berbeda-beda. Moms yang terlihat kurus bisa saja sebenarnya dalam keadaan sangat sehat, dan ia pasti kesal dikomentari semua orang untuk terus makan. 

Kecewa ya, anaknya perempuan/laki-laki? 

Memang, bagi kebanyakan orang, mendapatkan sepasang adik-kakak berbeda jenis kelamin adalah sebuah impian. Namun, tidak semua orangtua (calon orangtua) ingin seperti itu.Jadi, pertanyaan apakah si Moms kecewa anak keduanya berjenis kelamin sama dengan anak pertamanya adalah hal yang tak menyenangkan. Percaya lah setiap Moms  menginginkan anaknya sehat yang utama, ketimbang jenis kelamin. 

Wah, perutnya melebar, tidak lonjong, pasti anaknya perempuan 

Bagi yang mencoba menebak, memang kesannya lucu dan seru. Tetapi bagi yang "dihakimi" bentuk perutnya lebar atau lonjong, itu bukan hal yang menyenangkan, malah bisa dianggap menghina bentuk perutnya. 

Nah, daripada menyakiti perasaan orang lain, urungkan niat untuk mengomentari kelebihan atau kekurangan berat badan bentuk tubuh seseorang. Bila ingin mengomentari penampilan perempuan yang sedang hamil, disarankan untuk mengungkap hal-hal positif saja, seperti di bawah ini: 

“Wah kamu terlihat semakin cantik”

“Kulitmu, kok, semakin glowing ya Moms.

“Kamu semakin hari semakin fresh saja 

“Jaga kesehatan, ya, jaga nutrisi makananmu, karena pertumbuhan bayi tergantung pada kesehatan masa-masa kehamilan.”

“Wah,  sebentar lagi kamu jadi ibu muda.” 

Masih banyak lagi kata kata positif yang bisa kita berikan untuk menyemangati Moms hamil, atau kalau tidak bisa, cukup diam saja, jangan katakan apa pun ke Moms hamil,  daripada membuat emosi dia tidak stabil dan mengganggu janin yang dikandungnya. Karena satu kata yang kita ucapkan bisa jadi kekecewaan yang mendalam buat si Moms.