Pada saat masa kehamilan, Moms harus memeriksakan kandungan dan melihat si Kecil yang berada di dalam perut dengan melakukan USG, inilah yang ditunggu-tunggu oleh para pasangan, tapi apakah Moms sudah paham bagaimana cara membaca USG yang benar ?

Nah, banyak Moms yang masih binngung cara membaca USG yang benar , hal-hal apa saja yang diperhatikan. Mari kita simak agar dapat membaca USG dengan benar

USG kehamilan atau ultrasonografi termasuk ke dalam rangkaian pemeriksaan kehamilan yang rutin dijalani ibu hamil.Tidak hanya untuk melihat jenis kelamin bayi, USG dapat membantu dokter dan ibu untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Pemeriksaan USG 2D, USG 3D , dan USG 4D merupakan beberapa pilihan pemeriksaan yang kerap dipakai saat hamil.

Ketiga jenis USG tersebut sama-sama dapat menunjukkan hasil berupa kondisi bayi di dalam kandungan beserta kemungkinan jenis kelamin.

Hanya saja, perbedaan berbagai jenis USG tersebut terletak pada kualitas gambar. Tak perlu khawatir kebingungan mengenai cara membaca hasil USG untuk mengetahui kondisi bayi dan kemungkinan jenis kelamin karena dokter akan membantu Anda.

Biasanya, hasil USG hadir dalam bentuk foto dan disertai berbagai keterangan singkatan yang mungkin membingungkan Anda dalam mengatirkannya.

Berikut cara membaca hasil USG dari singkatan-singkatan tersebut berdasarkan UNSW Embriology :

1. BPD (biparietal diameter)

untuk menentukan usia janin dan perkembangan lingkar kepala berdasarkan ukuran diameter.

2. CRL (crown rump length)

untuk mengukur panjang janin dari kepala sampai bokong yang masih berbentuk melingkar atau menyerupai huruf C. Ini biasanya dilakukan di trimester 1 kehamilan atau usia kehamilan 7-13 minggu.

3. FL (femur length)

untuk menentukan usia janin dan perkembangan panjang tulang kaki.

4. HC (head circumference)

untuk mengetahui ukuran lingkar kepala janin yang biasanya dilakukan di trimester 2 kehamilan.

5. GS (gestational sac)

untuk mengetahui ukuran diameter kantung kehamilan.

6. GA (gestational age)

untuk mengetahui perkiraan usia kehamilan berdasarkan panjang lengan, panjang kaki, dan diameter kepala janin.

7. AC (abdominal circumference)

untuk mengetahui ukuran diameter perut janin.

8. EDD (estimated due date)

untuk mengetahui perkiraan tanggal kelahiran yang dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terkahir (HPHT).Jadi, hasil USG bisa membantu Anda untuk mengetahui ukuran tubuh dan usia janin berdasarkan 4 pemeriksaan. Umumnya, dokter melihat hal tersebut dari diameter biparietal (BPD), lingkar kepala (HC), lingkar perut (AC), dan panjang femur (FL).

Yang perlu diketahui cara membaca USG :

Warna hasil USG

Saat Anda melihat hasil USG, yang Anda lihat hanya warna hitam, abu-abu, dan sedikit warna putih.

Dari warna yang terbatas tersebut Anda mungkin akan menebak-nebak mana saja bagian tubuh bayi. Arti dari warna pada hasil USG yaitu:

Hasil USG warna abu-abu yang biasanya mendominasi area sekitar gambar USG menunjukkan area jaringan rahim Anda. Kemudian warna hitam yang Anda lihat di dalamnya merupakan cairan ketuban yang mengelilingi bayi. Cairan ketuban ini yang nantinya bisa pecah sebagaislaah satu tanda akan melahirkan Objek yang berada di tengah dan dikelilingi oleh warna hitam pada gambar hasil USG adalah tubuh janin. Mengetahui arti warna dalam USG menjadi cara awal untuk bisa membaca hasil rekam janin. Ini membantu Anda untuk memahami cara membaca hasil USG dilihat dari indikator warna yang muncul.

Orientasi hasil USG

Nah, saat Anda sedang belajar bagaimana cara membaca hasil USG, jangan hanya memerhatikan warnanya saja untuk menemukan di mana letak bayi Anda dan apa yang sedang dilakukannya.

Namun, perhatikan juga orientasi gambar pada hasil USG. Dengan mengetahui orientasi gambar, Anda dapat mengetahui cara membaca hasil USG dengan lebih baik. Hal ini penting untuk melihat posisi kepala bayi apakah sudah berada di bawah atau dalam posisi sungsang. Supaya bisa melihat kepala bayi sedang menghadap ke kanan atau ke kiri, Anda dapat mencari tulang belakang bayi melalui hasil USG dari dokter.

Nah itulah cara bagaimana membaca USG yang benar , Moms dapat tanyakan lebih lanjut ke dokter kandungan kepercayaan Moms.

Baca Juga :Manfaat USG untuk Kehamilan