Biasanya, untuk mengusir kantuk, Moms bakal langsung seduh kopi di dapur. Kadang-kadang juga langsung pesan-antar kopi hits ke rumah atau ke kantor. Tapi, saat mulai hamil,  Moms jadi lebih was-was tiap kali mau ngopi. Karena banyak sekali kabar kalau Moms hamil dilarang minum kopi. Tapi, benarkah ibu hamil tidak dapat minum kopi?

Di dalam kopi, ada kandungan yang dinamakan kafein. Kandungan kafein dalam kopi inilah yang membuat kita terjaga dari rasa kantuk. Namun, sayang sekali bahwa kafein tak baik bagi janin, Moms.  

American Pregnancy Association menyebutkan fakta mengenai kafein di situsnya bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan detak jantung, Moms. Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Dan itu tidak boleh dialami Moms hamil karena bisa mengurangi kadar air di dalam tubuh yang menyebabkan dehidrasi. 

Dalam beberapa studi yang disebutkan oleh Shayesteh dan Sharifah menyimpulkan bahwa asupan kafein berbahaya bagi janin karena menyebabkan hambatan pertumbuhan, penurunan berat badan bayi saat lahir, juga kelahiran prematur. 

Tapi, jangan khawatir, Moms. Meskipun kandungan kafein tak baik bagi Moms hamil, Moms masih bisa mengonsumsinya selama masih dalam batas yang diperbolehkan. WHO menyarankan bagi Moms yang konsumsi harian kafeinnya tinggi (lebih dari 300 mg per hari), untuk mengurangi asupannya selama kehamilan untuk mengurangi risiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah. 

Nah, batas aman bagi Moms yang ingin tetap bisa ngopi yaitu sebanyak 200 mg per hari atau sama dengan 2 cangkir kopi instan. Mungkin terdengar sedikit ya. Tapi, Moms bisa menguranginya demi si Kecil. 

Untuk menyiasati rutinitas ngopinya, Moms bisa menjadikan kopi sebagai perasa saja. Misalkan nih, Moms minum susu hangat tapi mencampurnya dengan seujung jari kopi hitam. Segitu juga lumayan lho, rasa kopinya sudah terasa. Atau kalau Moms rindu dengan aroma kopinya saja, bisa mencium aroma kopi dan pakai pengharum ruangan beraroma kopi. 

Tapi, kalau Moms menjadikan kopi sebagai pengusir rasa kantuk, Moms bisa cari cara lain. Beraktivitas fisik seperti jalan, olahraga ringan, yoga, atau memasak dan berkebun juga bisa membuat kita terjaga. Selain itu, Moms juga bisa marathon drama Korea saja. Dijamin melek, deh! Hehehe.