Biasanya, dokter kandungan atau bidan mengukur kehamilan minggu ke-1 dari hari pertama periode menstruasi terakhir. Meskipun Moms sebenarnya tidak hamil pada saat ini, menghitung minggu ke-1 dari periode terakhir menstruasi dapat membantu menentukan perkiraan tanggal kehamilan seorang wanita.

Namun, artikel ini akan menyebut kehamilan minggu ke-1 sebagai awal minggu setelah pembuahan, yang berarti minggu pertama kehamilan secara harfiah. Haid yang tidak datang pada waktu seharunya seringkali merupakan gejala utama dari awal kehamilan.

Bisakah merasakan gejala pada 1 minggu setelah pembuahan?

Konsepsi atau fertilisasi, terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur (ovulasi) dan sperma membuahinya. Ini dapat terjadi sekitar 14 hari setelah siklus menstruasi dimulai.

Kemudian, setelah sekitar 6-7 hari setelah pembuahan mulai masuk masa implantasi. Dalam proses perkembangan janin, masa implantasi adalah saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Pergerakan sel telur ini dapat merusak pembuluh darah di dalam dinding rahim, yang dapat menyebabkan pendarahan ringan dan kram.

Perdarahan ringan

Pendarahan implantasi merupakan tanda awal kehamilan. Perdarahan ini tidak seperti sewaktu menstruasi. Pendarahannya hanya ringan, mungkin, melibatkan satu titik darah atau sejumlah kecil cairan berwarna merah muda. Bercak bisa berlangsung selama beberapa jam, atau mungkin berlangsung selama beberapa hari.

Kram

Beberapa wanita juga mungkin merasakan kram ringan saat embrio menempel di dinding rahim. Mereka merasakan kram ini di perut, panggul, atau area punggung bawah.

Kram mungkin terasa seperti otot tertarik atau kesemutan yanag tidak nyaman. Beberapa wanita mengalami sedikit kram ringan, sementara yang lain, mungkin, sesekali merasakan ketidaknyamanan yang datang dan pergi selama beberapa hari.

Gejala kehamilan di minggu ke-1

Gejala atau ciri-ciri kehamilan muda pada 1 minggu pertama berbeda-beda pada setiap dan pada setiap kehamilan. Tanda pertama kehamilan yang paling umum adalah tidak hadirnya menstruasi di waktu yang seharusnya.

Beberapa wanita tidak mengalami gejala kehamilan pada minggu ke-1, sementara yang lain mungkin mengalami gejala seperti kelelahan, nyeri payudara, dan kram ringan. Gejala awal kehamilan lainnya, termasuk:

Catatan: Tidak semua gejala atau ciri tersebut di atas hanya terjadi pada kehamilan. Penting juga untuk diketahui bahwa awal kehamilan tidak selalu menimbulkan gejala yang nyata.

Lalu, bagaimana cara terbaik bagi Moms untuk memastikan kehamilan? Jawabannya: Lakukan tes kehamilan, baik dengan test pack kehamilan maupun cek di laboratorium.