Salah satu minuman tropis segar yang identik dengan musim panas dan pantai, air kelapa cukup digemari hampir semua kalangan di Indonesia, Moms. Air kelapa dapat dinikmati tanpa tambahan rasa atau warna, serta mengandung banyak nutrisi tanpa dosis tinggi lemak jenuh. 

Tiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula, sehingga dapat menyegarkan secara alami. Mengonsumsi air kelapa murni juga dapat menangkal radikal bebas karena air kelapa bersifat antioksidan. Kandungan lainnya adalah kalium, natrium, vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, dan fosfor. Dibandingkan air putih atau minuman isotonik, menurut penelitian, air kelapa lebih cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang, terutama setelah berolahraga, Moms.

Konsumsi air kelapa saat hamil juga dipercaya memiliki manfaat selama kehamilan, mengingat minuman ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bagi Moms hamil. Namun, sebaiknya Moms tetap mengonsumsi air kelapa yang langsung diambil dari buah kelapa tanpa melalui pengolahan menjadi minuman kemasan. Kebanyakan air kelapa kemasan melalui proses pasteurisasi sehingga dipertanyakan keamanannya bagi Moms yang hamil. Berikut adalah manfaat mengonsumsi air kelapa saat hamil:

Hidrasi

Air kelapa mengandung setidaknya 95 persen air, sehingga dapat Moms jadikan pilihan lain selain air putih selama kehamilan. Fungsinya menghidrasi tubuh dan sumber elektrolit menjadikan air kelapa bermanfaat selama kehamilan. Namun, mengonsumsi air putih tetap menjadi pilihan utama ya, Moms. Air kelapa tetap tidak dapat menggantikan manfaat air putih.

Mengganti elektrolit yang hilang saat mual dan muntah

Mual dan muntah hampir selalu terjadi pada Moms yang hamil. Beberapa Moms mengonsumi air kelapa karena dapat membantu meringankan mual, sembelit, dan asam lambung yang merupakan masalah umum selama kehamilan. Terutama Moms dengan hyperemesis gravidarum, atau mual dan muntah ekstrem selama kehamilan, sering membutuhkan elektrolit tambahan untuk mengganti cairan tubuh akibat muntah berlebih. Elektrolit penting seperti kalium, natrium, dan magnesium ini terdapat pada air kelapa.

Menenangkan asam lambung

Sakit maag saat hamil dapat terjadi ketika janin semakin tumbuh dan perut membesar, hormone progesteron melemaskan katup lambung sehingga getah lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan rasa tidak nyaman dan sendawa asam. Beberapa Moms hamil yang mengalaminya mengaku menyesap air kelapa dapat menenangkan refluks.

Bermanfaat bagi perkembangan janin

Air kelapa dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi si janin, Moms. Selama kehamilan, magnesium diasosiasikan dengan berat bayi saat lahir dan mengurangi risiko preeklamsia. Menurut ahli diet, Pike, kalsium juga esensial untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Meskipun air kelapa mengandung mineral, namun tetap konsumsi makanan padat yang menyediakan nutrisi makro dan mikro yang penting bagi kesehatan janin dan Moms ya.

Menurunkan tekanan darah

Moms yang mengalami tekanan darah tinggi selama kehamilan, air kelapa dapat dijadikan pilihan. Mengandung kalium yang dikenal dapat mengatur aliran dan tekanan darah. Penelitian juga menemukan bahwa minum air kelapa selama dua minggu menurunkan tekanan darah sistolik. Namun tentu saja, air kelapa tidak dapat dijadikan pengganti pengobatan untuk tekanan darah tinggi atau preeklamsia. Tetap konsultasi dengan dokter untuk menemukan perawatan terbaik.