Pada dasarnya, berkeringat merupakan upaya tubuh untuk menurunkan suhu badan ketika tubuh merasa kepanasan. Cairan keringat tersebut dihasilkan oleh kelenjar keringat pada kulit. Namun, tubuh terkadang bisa banyak mengeluarkan keringat meski cuaca tidak sedang panas. Kondisi ini cukup sering dialami oleh Moms hamil. 

Keringat berlebih merupakan kondisi yang umum dialami Moms hamil. Pasalnya, ketika sedang berbadan dua, tubuh akan bekerja lebih keras dalam banyak hal, sehingga membuat Moms hamil berkeringat lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa penyebab Moms hamil banyak berkeringat: 

Peningkatan aliran darah dan metabolisme 

Volume darah akan meningkat hingga sekitar 40% atau lebih. Terpompanya darah dalam jumlah banyak ke seluruh tubuh ini, bisa membuat suhu tubuh meningkat, sehingga Moms hamil sering berkeringat. 

Peningkatan berat badan 

Setiap Moms hamil rata-rata mengalami peningkatan berat badan 11-20 kg. Beban ekstra tersebut membuat tubuh Moms hamil berkeringat lebih banyak, terutama saat sedang menjalani aktivitas sehari-hari. 

Perubahan hormon 

Peningkatan hormon kehamilan, seperti estrogen dan progesteron, dapat membuat metabolisme tubuh Moms hamil,  meningkat sekaligus memicu kelenjar keringat lebih aktif. Hal inilah yang membuat Moms hamil lebih sering berkeringat. 

Tapi jangan khawatir. Walaupun banyak berkeringat, tubuh Moms hamil tidak akan begitu berbau, karena kelenjar di daerah sekitar ketiak dan payudara akan menghasilkan bau atau aroma yang lebih sedikit selama ibu mengandung. Berikut beberapa cara yang bisa Moms coba untuk mengatasi rasa gerah saat hamil agar tubuh terasa lebih nyaman: 

Tetap Terhidrasi dengan baik 

Selalu bawa sebotol air, dan minum ketika Moms haus, jangan menunggu sampai mulut terasa kering. Moms juga harus minum lebih banyak cairan saat berolahraga atau cuaca lebih hangat. Air putih adalah pilihan cairan yang terbaik, tetapi susu, jus buah alami, teh herbal, dan buah-buahan dan sayuran juga termasuk pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan. Jika urin jernih atau berwarna agak kuning, itu indikasi bahwa Moms cukup terhidrasi. 

Kenakan pakaian yang tipis/ menyerap keringat

Moms hamil dapat mengenakan pakaian berbahan katun atau linen. Bahan pakaian ini dapat menyerap keringat dengan baik dan membuat tubuh Moms hamil terasa lebih sejuk. 

Hindari berada di luar ruangan terlalu lama saat hari terasa panas. Gunakan kipas angin atau pendingin ruangan untuk menyejukan ruangan. 

Handuk basah yang sudah diperas bisa Moms  gunakan untuk mengompres badan / area yang terasa panas.

Selalu sediakan kipas portable di tas jika ingin bepergian agar suhu tubuh tetap terasa sejuk. 

Banyak berkeringat saat hamil merupakan kondisi yang normal terjadi. Kendati demikian, Moms hamil tetap harus waspada. Terkadang, banyak berkeringat saat hamil juga disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti gangguan tiroid, infeksi, penurunan gula darah, efek samping obat-obatan, hingga cemas dan stres berlebihan.