Kurang tidur selama masa kehamilan adalah hal yang normal. Rata-rata Moms hamil tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dibandingkan dengan sebelum hamil. Apalagi ketika usia kandungan menginjak trimester ketiga, banyak Moms hamil yang mengeluh tentang buruknya kualitas tidur mereka. 

Beberapa faktor yang menyebabkan kualitas tidur Mom hamil berkurang, di antaranya adalah :

Meski demikian, tidak perlu khawatir Moms. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kualitas tidur, seperti: 

Atur Jadwal Tidur 

Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Rutinitas bangun dan tidur pada jam yang sama akan merangsang tubuh untuk menciptakan alarmnya sendiri. Agar tubuh relaks dan mengantuk, minum segelas susu atau teh herbal hangat sebelum tidur. Pastikan porsi minum tidak terlalu banyak untuk menghindari keinginan buang air kecil pada malam hari sehingga jadwal tidur tidak berantakan lagi. 

Perhatikan Asupan Makan dan Minum 

Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, terutama pada jam tidur. Kafein dapat ditemui dalam produk teh (termasuk teh hijau), minuman berenergi, minuman bersoda, coklat, dan kopi. Jangan mengonsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur untuk menghindari sakit maag dan gangguan pencernaan lain pada malam hari. Cukupi asupan air harian untuk tubuh, namun sebaiknya batasi konsumsi air menjelang tidur untuk mencegah keinginan bolak-balik ke toilet.

Relaks 

Cobalah berendam air hangat. Jika memungkinkan, minta pasangan untuk memberikan pijatan lembut pada tubuh. Sebagai alternatif lain, Moms bisa mencoba yoga atau mendengarkan musik instrumen yang menenangkan.

Kondisikan Kamar Tidur 

Matikan ponsel, tablet, laptop, dan cabut kabel TV. Buatlah kamar tidur menjadi tempat khusus untuk tidur dan melakukan seks. Sebelum berbaring di tempat tidur, pastikan suhu kamar sudah sesuai dan nyaman untuk tidur. Untuk meminimalkan cahaya dan kebisingan ketika tidur, Moms bisa menggunakan tirai tebal, masker mata dan penutup telinga. Sembunyikan jam dinding. Tidak ada yang lebih menyiksa dari mendengarkan detak jam sepanjang malam ketika Moms sedang berjuang untuk tidur.

Posisi Tidur Harus Nyaman 

Gunakan bantal untuk menyangga punggung dan perut. Baringkan badan di sisi kiri untuk membantu melancarkan aliran darah dan nutrisi pada bayi. 

Bagaimana Jika Tidak Mengantuk Juga ? Jika Moms masih tidak dapat tidur setelah setengah jam berbaring di tempat tidur, bangun dan pindah ke ruangan lain. Baca buku atau dengarkan musik hingga Moms merasa mengantuk, lalu kembali ke tempat tidur. Hindari mengonsumsi obat insomnia tanpa saran dokter. Jika memang insomnia sudah terlalu berat, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan memberi resep obat untuk jangka pendek agar Moms dapat beristirahat. Insomnia merupakan salah satu gejala depresi. Gejala ini meliputi perasaan sedih yang berkepanjangan, kehilangan nafsu makan atau hasrat untuk melakukan apa pun, dan kecemasan yang kerap muncul. Konsultasikan pada  dokter atau bidan jika Moms mengalami gejala-gejala ini.