Jika kita berbicara tentang superfood maka oatmeal mungkin muncul sebagai salah satu nominasi yang akan kita pikirkan. Oatmeal adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang memiliki tinggi serat serta mengandung protein. 

Di Indonesia oatmeal sering diidentikan dengan makanan untuk orang yang sedang menjalani diet. Padahal siapa pun bisa dan boleh mengonsumsi oat sebagai pengganti karbohidrat atau olahan makanan lain. Oatmeal memiliki rasa sedikit hambar tetapi tekstur dan rasanya tidak kalah nikmat jika sudah diolah menjadi makanan manis atau asin. 

Oatmeal memiliki banyak sekali manfaat untuk Moms hamil. Beberapa manfaat oatmeal yang bagus untuk Moms hamil adalah sebagai berikut:

Tinggi nutrisi 

Moms yang sedang hamil pastinya sangat memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi memberi efek buruk untuk kesehatan moms dan si Kecil. Moms bisa memilih oatmeal sebagai santapan sehat karena mengandung tinggi nutrisi seperti asam folat, zat besi hingga kalsium.

Mencegah konstipasi 

Sembelit atau konstipasi adalah masalah umum yang bisa dialami oleh Moms yang sedang hamil. Biasanya serat bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan mencukupi kebutuhan cairan. Oatmeal terkenal dengan kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk membantu mencegah konstipasi. Banyak lagi manfaat oatmeal sebagai pilihan sumber karbohidrat. 

Sayangnya banyak di antara kita yang masih susah menerima cita rasa oatmeal di lidah mereka. Ada banyak sekali referensi resep mengolah oatmeal agar menjadi makanan nikmat yang cocok bagi lidah orang Indonesia. Namun, berikut ini adalah salah satu resep yang sangat simple tapi juga enak. 

Roti Pisang Oatmeal 

Alat dan bahan: 

100 gram rolled Oat 

Telur 

2-3 buah pisang ukuran sedang 

200 ml susu 

Chocochips atau topping sesuai selera 

Cara membuat: 

  1. Haluskan rolled oat hingga menjadi tepung oat (boleh ditumbuk atau menggunakan blender) 
  2. Hancurkan pisang hingga lembut 
  3. Campurkan tepung oat, telur, pisang yang sudah lembut dan susu 
  4. Lapisi loyang dengan kertas roti atau margarine 
  5. Tuang adonan ke dalam loyang 
  6. Letakkan topping yang sudah Moms siapkan,  di atas adonan 
  7. Kukus adonan selama kurang lebih 25-30 menit. 
  8. Jika sudah matang, angkat dan siap disajikan. 

Bagaimana Moms? Sangat mudah bukan, membuatnya ? Camilan sehat dan lezat ini bisa konsumsi oleh seluruh anggota keluarga, lho.