Anak laki-laki ataukah anak perempuan? Moms dan suami mulai sibuk menebak begitu Moms dipastikan hamil. Bentuk perut saat hamil lebih melebar atau doyannya ingin makanan manis terus, antara lain sering disebut ciri hamil anak perempuan yang akurat.

Dengan kecanggihan teknologi dunia medis saat ini, tidak perlu menebak ciri hamil anak perempuan dari bentuk perut Moms.  Jenis kelamin bisa diketahui dengan alat ultrasonografi (USG) pada mingggu ke-20 kehamilan. Tapi, sekadar untuk pengetahuan Moms, coba cek beberapa mitos dan fakta tentang hamil anak perempuan: 

Morning sickness di pagi hari 

Mitos: 

Rasa sakit berupa mual bahkan muntah-muntah di pagi hari seringkali melanda wanita yang sedang hamil. Nenek moyang kita telah menyebutkan morning sickness dijadikan salah satu ciri hamil anak perempuan yang akurat.  Semakin ‘mabuk’ di pagi hari semakin jadi pertanda Moms mengandung anak perempuan. 

Fakta:  

penelitian terbaru menunjukkan morning sickness yang parah mungkin terkait dengan jenis kelamin bayi. Sebuah studi tahun 2017 menemukan wanita yang mengandung anak perempuan mengalami lebih banyak peradangan ketika sistem kekebalannya terpapar bakteri dibandingkan dengan mereka yang mengandung anak laki-laki.

Perbedaan hal tersebut dapat memengaruhi wanita yang mengandung anak perempuan. Mereka lebih rentan mengalami mual di pagi hari dan merasa lebih tidak sehat daripada wanita yang mengandung anak laki-laki. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami sepenuhnya hubungan antara mual di pagi hari dan jenis kelamin bayi.

Perubahan suasana hati yang ekstrem

Mitos: 

Hamil anak perempuan membuat Moms lebih mengalami mood swing yang ekstrem.

Fakta: 

Beberapa hipotesis teori yang mendukung mitos tersebut menyebutkan karena wanita yang mengandung anak perempuan memiliki tingkat estrogen yang lebih tinggi sehingga mengakibatkan ia  menjadi lebih murung. Namun, penelitian tidak mendukung hipotesis tersebut. 

Perubahan hormon selama kehamilan  seringkali dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Kadar hormon meningkat selama kehamilan dan turun setelah melahirkan, terlepas dari apakah  bayi Moms laki-laki atau perempuan.

Pertambahan berat badan di sekitar bagian tengah

Mitos: 

Jika seorang wanita bertambah banyak berat badan di sekitar bagian tengahnya selama kehamilan, sehingga tampak lebar di bagian tengahnya, berarti dia memiliki seorang anak perempuan. 

Fakta: 

Bukti ilmiah tidak mendukungnya. Seorang wanita bertambah berat badan saat kehamilan lebih tergantung pada tipe tubuhnya.

Posisi bayi tampak lebih tinggi

Mitos: 

Saat hamil mulai membesar, posisi bayi Moms tampak terus nyaman di bagian perut atas, katanya disebut akan memiliki anak perempuan. 

Fakta: 

Pendapat itu tidak memiliki dasar ilmiah Bentuk tubuh Moms saat kehamilan bergantung pada:

Mengidam makanan manis

Mitos

Saat mengandung anak perempuan, seorang wanita doyannya makan makanan manis. Sebaliknya, inginnya makanan asin jika mengandung anak laki-laki.

Fakta: 

Mengidam atau rasa ingin makan makanan tertentu seringkali dialami wanita hamil. Tapi tidak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengidam makanan rasa tertentu selama kehamilan dapat menunjukkan jenis kelamin bayi.

Stres pada calon ibu 

Mitos: 

Wanita yang mengalami stres kemudian mengandung akan melahirkan anak perempuan. 

Fakta: 

Tingkat stres wanita sebelum hamil dapat memengaruhi jenis kelamin bayi. Sebuah studi tahun 2012 menemukan hubungan antara kadar hormon stres kortisol dan rasio kelahiran pria dan wanita. Dalam studi ini memperlihatkan wanita dengan tingkat kortisol tinggi, secara statistik lebih mungkin memiliki anak perempuan.

Sebuah studi lain di tahun 2013 menemukan bahwa dalam dua tahun setelah gempa bumi di Pulau Zakynthos, Yunani terjadi, telah membuat tingkat kelahiran anak laki-laki menurun. Peneliti menduga bahwa peningkatan tingkat stres di komunitas pulau memengaruhi rasio kelahiran. 

Kulit berminyak dan rambut kusam

Mitos: 

Saat hamil Moms memiliki kulit berminyak dan rambut kusam berarti Anda mengandung seorang anak perempuan.

Fakta: 

Tidak ada dasar ilmiah untuk mitos tersebut. Perubahan produksi minyak di wajah atau tingkat kesehatan rambut lebih  terkait dengan perubahan hormonal atau pola makan selam kehamilan.

Detak jantung bayi yang cepat

Mitos: 

Beberapa orang percaya bahwa jika jantung bayi berdetak kencang, kemungkinan besar bayi yang sedang kandung adalah perempuan.

Fakta: 

Mitos itu sama sekali tidak benar.  Penelitian beberapa dekade lalu telah membuktikan bahwa  tidak ada perbedaan signifikan antara detak jantung pada janin laki-laki dan perempuan. 

Jadi, mau percaya mitos atau fakta tentang hamil anak perempuan yang akurat?