"Jangan tidur siang, nanti darah putihnya naik." Pernahkah Moms mendengar nasihat tersebut? Atau "Jangan keluar rumah dulu selama 40 hari" . Dua kalimat di atas adalah contoh dari kalimat yang sering diucapkan pada ibu nifas. Terkadang kehidupan kita yang masih kental dengan adat budaya masih memercayai mitos-mitos tersebut. 

Biar tidak terperangkap pada mitos, berikut beberapa mitos dan fakta mengenai masa nifas dan penjelasannya secara medis. 

-Jangan keluar rumah sebelum 40 hari

Mitos di atas sangat kental di Indonesia, bahkan masyarakat kita meyakini mitos tersebut sebagai fakta. Padahal, tidak ada hubungannya antara jangan keluar rumah sebelum 40 hari dengan masa nifas. 

Secara medis,  Moms pascamelahirkan bahkan dianjurkan untuk melakukan aktivitas ringan. Tetapi sisi baiknya tidak keluar rumah selama 40 hari adalah Moms bisa lebih fokus untuk merawat anak, beristirahat lebih banyak dan belajar hal baru dirumah. 

-Tidak boleh Makan Ikan atau telur 

Mitos ini juga paling sering kita dengar. Mengenai alasannya, setiap daerah berbeda-beda,  ada yang nanti jahitannya menjadi lama sembuh atau nanti ASI-nya menjadi bau amis sehingga bayi muntah. Padahal faktanya,  mengonsumsi ikan dan telur sangat disarankan,  mengingat banyak kandungan protein dan omega 3 yang bagus untuk nutrisi ibu nifas. 

-Selama Nifas harus minum jamu 

Siapa di sini yang suka minum jamu ? Sebenarnya sih,  yang point ini sah-sah saja jika pengolahan jamunya bersih dan steril. Tetapi jika dilihat dari katanya orang,  bahwa jamu bisa mempercepat kembalinya organ seperti sedia kala, itu menjadikan mitos ini agak berlebihan. Karena faktanya,  minum jamu atau tidak, organ-organ ibu nifas akan kembali ke sedia kala secara bertahap. Beberapa ahli bahkan melarang konsumsi jamu karena dikhawatirkan dapat berpengaruh pada bayi. Tetap Konsultasi ke dokter ya,  Moms bila ingin minum jamu pascamelahirkan. 

-Memakai stagen selama 40 hari 

Menggunakan stagen bisa membuat perut Moms kembali seperti semula pascamelahirkan. Faktanya, pemakaian stagen yang terlalu ketat itu akan membuat ibu nifas menjadi tidak nyaman. Kembali lagi,  semua otot dan organ ibu nifas akan kembali seperti semula dengan sendirinya. Pemakaian stagen ini lebih cenderung mengacu pada tradisi. 

- Jangan tidur siang, nanti darah putihnya naik

Mohon maaf,  darah putih yang mana ya? Hihi. Ini jelas mitos ya, Moms, tidur siang adalah surga bagi ibu nifas yang semalaman sudah bergerilya begadang menyusui bayi. Jika tidur siang pun dilarang bayangkan betapa lelahnya ibu nifas. Memiliki tidur yang cukup,  membantu ibu nifas tetap fit dan bahagia dalam merawat bayinya. 

Sebagian besar mitos memang telah dipercaya secara turun temurun pada masyarakat kita,  sehingga dianggap sebagai kebenaran. Namun, sikapilah semua saran dan informasi tersebut secara bijaksana. Jangan terlalu galak juga pada orang yang memberikan mitos tersebut, karena bisa jadi ia memiliki niat yang baik untuk menjaga Moms dari hal-hal buruk.