Pernah dengar ada yang test pack hasilnya positif, tapi ternyata tidak hamil? Atau sebaliknya, hasil menunjukkan negatif tetapi ternyata hamil? Kedua hal tersebut bisa dialami siapa pun, termasuk Moms. Tetapi, tidak perlu khawatir, yuk kita cari tahu penyebabnya. 

Penyebab false positive 

False positive ditandai dengan hasil positif pada test pack, namun saat Moms mengecek ke dokter kandungan tidak ditemui janin saat USG. Biasanya, hal tersebut disebabkan karena kadar hormon HCG dalam tubuh kita tinggi. Alat tes kehamilan mendeteksi kadar hormon HCG dalam tubuh kita, jika kadarnya cukup tinggi maka akan terbaca positif hamil. Padahal, tingginya hormon HCG dalam tubuh kita bukan hanya karena kehamilan saja, tetapi bisa juga karena adanya tumor yang bisa meningkatkan kadar HCG. Jadi, jika Moms mendapati tes kehamilan positif, ada baiknya segera ke dokter kandungan untuk dicek lebih lanjut. 

Penyebab false negative 

Sebaliknya, ada juga yang dinamakan false negative. Jika kita sudah melakukan tes kehamilan dan mendapatkan hasil negatif, lebih baik ulangi lagi di saat yang tepat. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi penyebab false negative pada tes kehamilan. 

Tidak membaca aturan pakai 

Setiap produk test pack biasanya mencantumkan cara penggunaan alat tersebut dengan benar, di mana bisa berbeda aturan pakainya antara satu merk dengan merk lainnya. Maka, sebaiknya Moms tetap membaca cara penggunaan test pack, ya, agar hasilnya akurat.

Menggunakan test pack terlalu awal 

Mungkin Moms sudah tidak sabar melakukan tes kehamilan, sehingga walaupun baru beberapa hari terlambat haid atau justru belum terlambat haid, Moms sudah melakukan tes tersebut. Jika hasil yang didapat menunjukkan hasil negatif, maka Moms sebaiknya mengulangi tes tersebut setidaknya 1-2 minggu kemudian. 

Kondisi alat test pack 

Sebelum menggunakan test pack, harap Moms memastikan kondisi alat tes tersebut. Jangan sampai test pack yang Moms gunakan sudah kadaluarsa atau rusak. Selain itu, pilih jenis test pack dengan tingkat sensitivitas yang tinggi, supaya hasil yang didapatkan jauh lebih akurat. 

Nah, sekarang moms sudah tahu ya, penyebab hasil test pack terkadang salah. Jika Moms mendapati kondisi seperti itu, cari tahu penyebabnya terlebih dahulu dan jangan panik.