Tiba-tiba ingin makan mangga di tengah malam, atau menyukai makanan tertentu yang biasanya Moms benci, adalah hal yang cukup sering terjadi pada Moms ketika hamil. Setidaknya, ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa kehamilan dapat mengubah selera makan Moms secara drastis.

Menurut Andrei Rebarber, MD, dari NYU Medical Center in New York, ngidam mungkin bentuk permintaan tubuh untuk memenuhi nutrisi selama hamil yang kurang bagi tubuh Moms. Ketika muncul keinginan luar biasa untuk makan burger dan kentang goreng, mungkin tubuh Moms membutuhkan protein, natrium, atau kalium. Biasanya Moms mulai ngidam pada akhir trimester pertama, mencapai puncaknya pada trimester kedua, dan mulai berkurang saat memasuki akhir trimester ketiga. Berikut penyebab ngidam pada Moms hamil

Perubahan hormon

Kehamilan adalah masa-masanya terjadi perubahan hormon yang signifikan, terutama pada trimester pertama, berjuta kali dibanding gejala PMS. Kehamilan dapat mengubah selera ngidam Moms. Selain itu, hormon juga dapat memengaruhi pengalaman indera Moms pada makanan, bau-bauan atau aroma, dan suasana hati, semuanya menentukan jenis makanan yang Moms idamkan. 

Perubahan kemampuan indera

Banyak Moms yang merasakan perubahan indera menjadi lebih sensitif, seperti dapat mencium aroma dari jarak yang jauh. Hal ini dapat memengaruhi jenis makanan yang Moms idamkan. Makanan dengan bau-bau tertentu dapat membuat Moms mual, sebaliknya makanan yang baunya lebih manis mungkin menarik bagi Moms.

Perubahan kebutuhan nutrisi

Faktor satu ini tentu sudah menjadi kebutuhan. Saat hamil, Moms membutuhkan nutrisi tertentu lebih daripada biasanya, seperti kalsium dan zat besi, sehingga Moms cenderung mengidamkan makanan yang kaya akan kedua kandungan tersebut. 

Kebutuhan akan kenyamanan

Salah satu faktor yang menyebabkan Moms ngidam saat hamil adalah rasa nyaman yang makanan tersebut berikan, saat Moms mengalami suasana hati yang tidak tentu. Biasanya ini berkaitan dengan makanan yang memiliki rasa familiar pada saat kecil atau momen-momen tertentu.

Ada berbagai macam makanan yang biasanya Moms idamkan saat hamil. Menurut Frontiers in Psychology, paling umum adalah makanan manis, berkalori tinggi, protein hewani, buah, makanan cepat saji, es krim, hingga cokelat. 

Walau ngidam adalah hal yang normal dialami Moms saat hamil, namun penting untuk memerhatikan beberapa hal, Moms, seperti pola makan tetap teratur dan variasi nutrisi lain tetap terpenuhi. 

Masa hamil bukanlah saat untuk diet, namun Moms tetap perlu untuk fokus pada makanan sehat yang akan menjaga Moms dan si Kecil selama hamil,  dan setelah melahirkan. Terdapat beberapa nutrisi yang lebih banyak Moms perlukan, yaitu kalsium, asam folat, zat besi, dan protein.