Moms, apakah pernah mendengar bahwa pepaya adalah salah satu buah yang harus dihindari selama masa kehamilan? Itu cuma mitos, Moms. Pepaya boleh dikonsumsi selama masa kehamilan karena memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Pepaya bisa dikonsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi beberapa bentuk penganan. Sebelum mengonsumsi pepaya, berikut beberapa hal seputar pepaya dan kehamilan yang perlu Moms ketahui: 

Pepaya kaya manfaat 

Seperti jenis buah lainnya selain rasanya yang manis dan segar pepaya juga mengandung banyak sekali mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh,  terlebih lagi pada Moms yang sedang mengandung. Mikronutrien yang terkandung di dalam pepaya antara lain : asam folat, magnesium, serat serta vitamin A. 

Hindari pepaya mentah

Bagi sebagian masyarakat,  mengolah atau mengonsumsi pepaya mentah adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, tetapi bagi itu hamil hal tersebut harus dihindari. Pepaya yang memiliki kulit berwarna hijau dan belum matang sempurna ternyata menghasilkan getah putih yang apabila dikonsumsi oleh ibu hamil akan menyebabkan kontraksi hingga kelahiran prematur dan abortus. 

Tinggi serat 

Pada masa kehamilan terutama di trimester awal dan akhir, terkadang Moms akan mengalami masalah pada pencernaan,  umumnya sembelit. Hal tersebut normal terjadi pada ibu hamil. Para Moms mungkin akan kebingungan ketika mengatasi hal ini. Tetapi dengan rutin mengonsumsi pepaya  matang, Moms akan terhindar dari sembelit.  Jangan lupa memilih buah pepaya yang memiliki warna kulit kekuningan dengan daging yang sudah matang ya moms. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi pepaya sebaiknya Moms tetap berkonsultasi pada dokter.