Masa kehamilan adalah masa di mana seorang wanita banyak mengalami perubahan fisik, psikologis hingga sosial. Perubahan-perubahan ini perlu diseimbangkan dengan perubahan pola hidup agar masa kehamilan dilalui dengan bahagia. Salah satu perubahan menonjol adalah perubahan fisik yang mengacu pada perubahan bentuk tubuh hingga perubahan warna kulit. 

Perubahan fisik yang terjadi tidak selalu sama dari satu Moms dengan Moms yang lainnya. Beberapa dari Moms mungkin mengalami stretch mark tetapi mungkin sebagian tidak. Menyikapi perubahan secara fisik bisa diseimbangkan dengan perawatan sehari-hari untuk Moms hamil. Berikut adalah beberapa tip perawatan sehari-hari untuk Moms hamil : 

Wajib mandi setiap hari 

Selain agar tubuh terasa lebih segar, mandi dua kali sehari juga baik untuk mengurangi bau yang tidak sedap. Beberapa ahli menyebutkan untuk mandi 1 kali sehari, tetapi kebiasaan kita sebagai orang Indonesia umumnya mandi 2 kali sehari. Untuk frekuensi mandi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan faktor lingkungan ya, Moms. Mandi terlalu sering juga tidak baik karena akan membuat kulit menjadi kering. 

Sikat gigi 2 kali sehari 

Banyak dari Moms hamil merasa mual ketika menyikat gigi. Tetapi menjaga kesehatan gigi sangat penting apalagi di masa kehamilan. Gigi yang tidak dirawat dengan baik bisa menimbulkan infeksi dan berpengaruh terhadap kehamilan. Pilihlah pasta gigi yang aman untuk Moms hamil dan sikat gigi yang halus sehingga tidak melukai gusi pada saat digunakan. 

Perawatan payudara 

Perawatan payudara sangat penting pada masa kehamilan. Perawatan payudara yang benar akan membersihkan kerak-kerak yang menempel pada payudara yang apabila tidak dibersihkan akan mengganggu proses pengeluaran ASI. Cukup menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak dan tempelkan pada puting selama kurang lebih 10-15 menit kemudian. Moms bisa membersihkan kerak di payudara dengan mudah. Kegiatan ini dilakukan pada Trimester ketiga kehamilan. 

Menjaga kesehatan organ kewanitaan 

Moms hamil terkadang mengalami keputihan selama masa kehamilan. Menjaga daerah kewanitaan penting untuk menghindari terjadinya infeksi. Rajin mengganti celana dalam dan menggunakan celana yang berbahan katun. Selain melakukan perawatan sehari-hari, Moms hamil juga penting memperhatikan pola nutrisi yang baik untuk menjaga kesejahteraan janin dan ibu.