Melahirkan dengan nyaman dan tanpa trauma merupakan impian setiap bumil. Di zaman modern ini sudah banyak metode melahirkan yang sesuai dengan kondisi Moms dan janin. Beberapa Moms yang memiliki alasan, hingga kondisi khusus, mungkin akan memilih melahirkan dengan metode operasi caesar. 

Operasi Caesar yang sering kita sebut sebagai SC atau operasi SC adalah proses persalinan dengan melalui pembedahan di mana irisan dilakukan di perut Moms dan rahim untuk mengeluarkan bayi. Pembedahan SC ini biasanya cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit ketika proses persalinan. Berikut adalah beberapa tip persiapan untuk Moms yang akan melangsungkan persalinan SC : 

Tentukan tanggal 

Tentukan tanggal operasi SC, umumnya operasi SC bisa dilakukan di atas usia 38 Minggu atau bisa juga lebih awal ketika bayi atau Moms tidak memungkinkan untuk menunggu hingga usia kehamilan 38 Minggu. Selain mendiskusikan perkiraan tanggal kelahiran dengan suami ataupun keluarga, jangan lupa harus mendiskusikan masalah pemilihan tanggal dengan dokter yang menangani ya Moms. 

Siapkan hospital bag 

Setelah melakukan operasi Caesar,  Moms akan dirawat 3-5 hari,  maka dari itu hospital bag sangat penting dipersiapkan untuk keperluan ibu, bayi hingga ayah. Berikut adalah sedikit gambaran apa saja yang harus Moms checklist di dalam hospital bag

-Kartu identitas (mulai dair KTP hingga kartu asuransi kesehatan) 

-Perlengkapan bayi (baju bayi, bedong, topi, diapers/clodi, perlengkapan mandi bayi)

-Perlengkapan ibu (baju secukupnya, perlengkapan mandi, alas kaki yang nyaman hingga breastpad) 

-Perlengkapan ayah (baju secukupnya dan alat mandi) 

-Hiburan (seperti Handphone hingga buku) 

Persiapan administrasi 

Pastikan sebelum Moms menjalani operasi SC,  Moms dan suami sudah berdiskusi dengan pihak administrasi rumah sakit mengenai biaya dan apa saja layanan yang akan Moms dapatkan. Jika moms menggunakan asuransi,  maka Moms juga harus berdiskusi dengan pihak asuransi yang akan Moms gunakan nanti. Pelajari juga tatanan aturan di rumah sakit dimana Moms akan melakukan operasi SC,  seperti aturan rawat gabung dan sebagainya. 4

Tetap tenang dan berfikir positif 

Point keempat ini memang terlihat sepele tetapi tetap tenang dan berpikir positif menjadi point penting selama proses operasi SC berlangsung. Karena ketika secara psikologis Moms merasa panik dan takut,  maka tubuh Moms akan memberikan reaksi serupa. 

Di atas adalah beberapa tips persiapan untuk Moms yang akan melaksanakan operasi SC. Tetap semangat dan tetap berfikir positif ya Moms.