Merasa mengantuk dan lesu? Banyak orang memilih menyeduh kopi. Kandungan kafein dalam kopi memang tak bisa disangkal merupakan penambah energi yang hebat. Membuat mood membaik, juga mengusir kantuk dan lesu. 

Kafein yang memiliki nama lain trimethylxanthine  banyak diketahui orang berasal dari kopi. Padahal, kafein itu juga terdapat dalam banyak jenis makanan dan minuman lain. Setiap pagi hari Moms suka menyeduh cokelat dan sore hari mendambakan secangkir teh hitam beraroma melati untuk peningkat mood? Kedua minuman itu mengandung kafein juga, lho, Moms…

Senyawa ini menstimulasi kerja otak. Salah satunya untuk mengeluarkan hormon adrenal. Sehingga, Moms yang tadinya merasa lesu dan mengantuk bisa menjadi terjaga, bahkan merasa segar kembali. 

Meski demikian, para ahli sepakat, konsumsi kafein perlu dibatasi. Bahkan untuk Moms hamil dan menyusui itu disarankan untuk menghindarkan konsumsinya. Lantas apa alternatif pengganti kafein?

Bukan hanya di kopi

Kafein ini bukan hanya pada kopi, beberapa minuman dan makanan ini mengandung kafein juga. Sehingga bila Moms berencana menghilangkan kafein, coba hindarkan ya…

Jenis makanan/minuman

Ukuran

Kandungan kafein (mg)

Brewed coffee /Kopi seduh

237 ml

95-165

Espresso

30 ml

47-64

Kopi instan

237 ml

63

Latte/Mocha

237 ml

63-126

Brewed black tea /teh hitam seduh 

237 ml

25-48

Green Tea

237 ml

25-29

Cola

237 ml

24-46

Energy drink /minuman berenergi

237 ml

27-164

Cold Coffee

237 ml

55-65

Dark chocolate

1 Bar

4

Lemon Tea

474 ml

37

Energy Granola Bar

1 Bar (34 g)

50

 

Alternatif pengganti

Moms yang merupakan penyuka kafein jangan khawatir. Ada alternatif minuman lain yang bisa membantu Moms untuk mendapatkan ‘energi segar’ di pagi atau sore hari. Dan, aman, lho, bahkan untuk Moms yang sedang hamil atau menyusui si Kecil. Ini di antaranya: 

Air segar dari kepala ini dapat memuaskan dahaga Moms, sekaligus diri menyegarkan Moms pada saat yang bersamaan.

Sempat disebut mengandung kafein, padahal sesungguhnya minuman teh licorice ini bebas kafein. Ini meningkatkan energi dengan bertindak sebagai tonik untuk kelenjar adrenal.

Jus ini merupakan pembangkit energi alami yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang penting.

Berasal dari jenis tanaman Ceratonia siliqua yang bijinya diolah menjadi carob powder. Tekturs dan rasanya mirip bubuk kokoa, terlebih bila dicampur dengan susu dan madu. Akan menyegarkan hari Moms dan bebas kafein.

Campuran air bersama lemon memberikan kesegaran bagi Moms sepanjang hari. Bisa dikatakan dengan meminumnya, Moms bakal mengalami revitalisasi instan.

Campuran jus sayuran segar dan buah-buahan adalah cara cepat untuk membuat Moms merasa segar dan berenergi.

Minuman dari daun mint ini tidak hanya menyegarkan napas, tetapi juga memberikan efek menenangkan dengan sensasi dinginnya.

Seduhan hangat air bersama teh dari gingseng ini meningkatkan aliran darah. Dan, layaknya Moms minum kopi, maka teh gingseng juga merangsang stumerangsang.

Teh yang dibuat dari bunga chamomile ini bebas kafein. Bila Moms mengalami gangguan tidur, ini minuman tepat bagi Moms. Karena, teh ini membantu Moms merasakan nyaman dan relaks, dan memperbaiki gangguan tidur.

Di dalam teh ini memang mengandung sejumlah kafein. Tapi, kandungannya terhitung sedikit dibandingkan manfaat anti-oksidan yang kaya. Antioksidan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

^IK