Saat hamil, kebutuhan gizi dan nutrisi ibu harus tercukupi dengan baik. Tujuannya, agar tumbuh kembang bayi dalam kandungan dapat berjalan secara optimal. Ibu hamil yang kekurangan nutrisi, tentu akan berakibat buruk pada tumbuh kembang bayinya. Oleh sebab itu, selama hamil Moms harus makan secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhannya. Lantas, bagaimana jika Moms  hamil ingin berpuasa? Sebenarnya, tak ada salahnya berpuasa saat hamil, jika Moms dalam kondisi yang baik dan mampu menjaga asupan secara tepat. Namun, ada beberapa hal yang harus menjadi catatan penting. Apa saja? 

 

Konsultasikan pada dokter 

Puasa Ramadan memang wajib hukumnya, tapi sebelum memutuskan untuk berpuasa alangkah baiknya jika Moms konsultasikan dulu pada dokter kandungan. Dokter kandungan bisa memeriksa kesehatan Moms dan janin untuk memastikan berpuasa tak akan membahayakan. Moms juga akan mendapatkan saran penting mengenai makanan dan suplemen apa saja yang harus dikonsumsi untuk menjaga kebugaran selama berpuasa saat hamil. 

 

Hindari stres 

Mood swing adalah hal yang biasa terjadi pada Moms hamil. Penelitian juga menunjukkan bahwa Moms  hamil yang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi dibanding yang tidak berpuasa. Hal ini tentu dapat berakibat buruk pada tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari stres ya, Moms. 

 

Hindari aktivitas berat 

Berpuasa atau tidak, bumil tentu disarankan untuk beraktivitas seperlunya dan menghindari aktivitas berat. Namun, saat berpuasa Moms akan lebih mudah lelah dan dehidrasi karena tak ada asupan makanan yang dikonsumsi lebih dari 12 jam. Oleh sebab itu, agar tubuh tetap fit saat berpuasa, Moms sebaiknya mengurangi aktivitas yang dianggap berat. 

 

Penuhi kebutuhan nutrisi 

Saat sahur dan berbuka sebisa mungkin konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein untuk menjaga kesehatan tubuh. Moms juga bisa mengonsumsi suplemen yang disarankan oleh dokter kandungan atau bidan agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi meski berpuasa.

 

Penuhi kebutuhan cairan tubuh 

Berpuasa saat hamil meningkatkan kemungkinan terjadi dehidrasi. Untuk menghindarinya pastikan Moma memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan tiap harinya. Setidaknya minum 1,5-2 liter air saat sahur dan berbuka. Selain itu, hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena dapat menyebabkan dehidrasi. 

 

Segera batalkan puasa 

Jika Moms merasa tidak enak badan, seperti pusing, lemas, mual, dan muntah, jangan ragu untuk segera membatalkan puasa. Pasalnya, kondisi tersebut bisa jadi merupakan sinyal bahaya yang diberikan tubuh. Lagipula, bumil yang tidak berpuasa bisa menggantinya di hari lain dan membayar fidyah. 

 

Itulah 6 hal penting yang harus diperhatikan oleh bumil yang ingin berpuasa Ramadan. Kuncinya adalah jangan memaksakan diri jika memang tidak mampu berpuasa.