Trimester pertama atau masa ibu hamil muda adalah masa yang penting untuk memberikan asupan nutrisi pada janin. Hal ini agar janin dapat bertumbuh dengan baik, sehat, dan sempurna pada masa ini. Ada makanan untuk ibu hamil muda yang dapat menunjang hal tersebut. 

Saat hamil, terutama saat hamil muda, ibu memang harus lebih memperhatikan lagi asupan nutrisi dan makanan yang dikonsumsi. Karena saat itu, makanan yang dimakan oleh ibu tidak hanya mempengaruhi tubuh ibu sendiri. Namun akan mempengaruhi bayi juga. 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil:

Makanan yang Banyak Mengandung Asam Folat 

Nutrisi yang paling penting pada trisemester pertama adalah asam folat. Asam folat memiliki fungsi untuk mencegah cacat bawaan terjadi pada janin. Terutama cacat yang terjadi di bagian otak dan sumsum tulang belakang bayi. 

Selain itu, kandungan makanan untuk ibu hamil ini diperlukan untuk memperkecil kemungkinan keguguran, anemia, dan banyak manfaat lain. Makanan yang banyak mengandung asam folat misalnya adalah sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. 

Ada buah-buahan yang mengandung asam folat juga seperti pepaya dan jeruk. Hati sapi dan telur juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

Protein untuk Pembentukan Jaringan Tubuh 

Makanan untuk ibu hamil muda berikutnya adalah makanan yang tinggi protein. Protein memang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang dalam trisemester pertama. Protein berperan sebagai pembantu dalam pembentukan jaringan tubuh ibu maupun bayi. 

Selain itu, dengan asupan protein yang cukup ibu akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jadi, tidak mudah sakit selama masa kehamilan. Makanan berprotein yang disarankan adalah daging tanpa lemak, berbagai jenis ikan, telur, dan daging unggas.

Makanan yang Tinggi Serat 

Makanan untuk ibu hamil terutama ibu hamil muda berikutnya adalah makanan yang memiliki kandungan serat tinggi. Saat hamil, ibu hamil sering kali mengalami sembelit atau konstipasi. Konsumsi makanan tinggi serat dapat mengatasi masalah sulit buang air besar ini. 

Selain itu, kandungan serat dapat merangsang perkembangan janin, mengontrol berat badan dari ibu, dan mencegah adanya kemungkinan preeklampsia pada janin. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan, berbagai macam sayuran, dan biji-bijian.

Susu dan Produk Olahannya 

Susu dan produk olahannya bisa menjadi makanan yang tepat dan cepat untuk ibu hamil. Hal ini, karena nutrisi dalam susu yang memang sangatlah lengkap. Susu mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu hamil muda. Mulai dari protein, asam folat, sampai kalsium. 

Pada trisemester pertama utamanya, para ibu memerlukan makanan yang tinggi kalsium. Kandungan ini baik untuk penguatan tulang ibu maupun perkembangan tulang janin. 

Itulah rekomendasi makanan untuk ibu hamil muda. Sebenarnya masih banyak makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Hal yang paling penting bukan hanya jumlah makanannya saja. Namun juga, kelengkapan nutrisi yang didapatkan. 

^ER