Secara naluriah ketika kita hamil pasti akan makan lebih banyak dari biasanya demi memenuhi nutrisi ibu dan bayi dalam kandungan. 

Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah asam folat. Nutrisi ini  sangat penting dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan untuk mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. 

Saat hamil Moms akan disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi asupan asam folat sekitar lebih dari 400 (micrograms) mcg dalam sehari. Dilansir dari jurnal keluaran The National center for biotechnology information,  asam folat adalah bentuk sintesis vitamin B9 yang merupakan nutrisi penting guna replikasi DNA dan sebagai substrat untuk berbagai reaksi enzimatik yang terlibat dalam sintesis asam amino dan metabolisme vitamin. 

Asam folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat dan membantu melaksanakan fungsi-fungsi yang spesifik,  seperti memproduksi sel darah merah, melindungi kemampuan anak untuk mendengar dan mendukung perkembangan organ bayi. 

Asam folat dapat kita temui pada makanan. Berikut daftar makanan yang mengandung asam folat :

Asparagus

Dengan makan satu cangkir asparagus rebus, Moms dapat mencukupi sekitar 262 mcg asam folat untuk kandungan Moms. Bukan hanya asam folat, asparagus juga mengandung vitamin K, vitamin C, dan vitamin A loh.

Brokoli 

Brokoli atau rajanya sayuran ini paling tinggi kandungan asam folatnya. Brokoli bisa dimasak dengan cara direbus dan disiram jamur. Bisa juga dibuat , brokoli cah tofu, brokoli crispy dan capcay.

Jeruk 

Satu buah jeruk memiliki kandungan 50 mcg asam folat. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Moms bisa makan 3 buah jeruk dalam sehari. Selain mudah didapat harganya juga terjangkau. 

Bayam 

Bayam dan sayuran hijau termasuk makanan yang rendah kalori dan mengandung asam folat yang tinggi. Manfaat sayuran hijau untuk ibu hamil juga beragam, termasuk mengurangi risiko kanker. Bayam bisa diolah jadi sayur bening dicampur jagung / wortel / labu siam atau bisa di buat campuran urap bahkan jadi lalap dengan sambal terasi.

Hati ayam 

Hati ayam merupakan salah satu makanan dengan kandungan asam folat tinggi yang paling direkomendasikan. Dalam 100 gram hati ayam, terdapat 1.000 mikrogram kandungan asam folat.

Pisang 

Selain kaya akan potasium pisang juga kaya akan asam folat. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 23,6 mikrogram asam folat atau sekitar 5% dari kebutuhan harian. Namun jangan terlalu banyak makan pisang bisa berakibat sembelit. 

Masih banyak lagi makanan yang mengandung asam folat,  namun hanya 6 Jenis makanan tersebut yang sering saya konsumsi dari sebelum hamil, hamil sampai sekarang menyusui.

Walapun makanan tersebut mengandung tinggi asam folat tapi Moms harus tetap mengkonsumsi suplemen asam folat yang diresepkan dokter kandungan, bila Moms khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian.