Kehamilan merupakan proses fisiologis atau normal yang biasa dialami oleh wanita usia subur. Kehamilan sendiri menjadi salah satu anugerah yang paling ditunggu dari suatu pernikahan. 

Setiap Moms tentunya berharap kehamilan berjalan mulus sejak awal hingga melahirkan buah hati yang Moms idamkan. Pada kenyataannya sebagian Moms harus mengalami proses kehamilan yang tidak mudah karena memiliki tanda-tanda bahaya yang bila tidak mendapatkan penanganan tepat akan berakibat fatal untuk Moms atau pun janin di dalam kandungan. 

Agar Moms lebih waspadai, berikut ini tanda bahaya kehamilan yang perlu mendapat perhatian: 

Mual muntah berlebihan 

Pada trimester awal kehamilan, mengalami mual dan muntah mungkin adalah hal yang wajar ya Moms. Karena  hal tersebut merupakan reaksi tubuh terhadap meningkatnya hormon HCG. Tetapi ketika Moms mengalami mual muntah yang berlebihan atau biasa disebut hiperemesis gravidarum, maka sebaiknya Moms segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Selain dikhawatirkan akan mengalami dehidrasi, mual muntah berlebihan merupakan salah satu tanda Moms sedang mengalami mola hidatidosa atau biasa disebut hamil anggur. Pada Wanita yang mengalami hamil anggur harus segera mendapatkan perawatan karena jaringan mola umumnya bisa dihilangkan dengan operasi dan kemoterapi. 

Perdarahan

Perdarahan pada trimester awal atau akhir sama bahayanya, Moms. Pada trimester awal perdarahan mungkin merupakan tanda abortus. Sedangkan pada trimester akhir kemungkinan pertanda plasenta previa atau solusio plasenta. Pada plasenta previa perdarahan cenderung merah terang dan tidak terdapat nyeri perut sedangkan pada solusio plasenta,  perdarahan cenderung berwarna gelap dan terdapat nyeri pada perut. Ketika Moms mengalami perdarahan pada kehamilan sebaiknya segera menghubungi fasilitas kesehatan ya, Moms. 

Tekanan darah tinggi

Pada orang biasa pun, tekanan darah tinggi adalah tanda bahaya yang harus diwaspadai,  begitupun pada ibu hamil. Jika memiliki tensi yang tinggi disertai dengan protein urine positif, maka Moms harus segera memeriksakan diri  di pelayanan kesehatan.  Karena kedua hal tersebut merupakan tanda dari preeklamsia. Preeklamsia sendiri dikenal dengan keracunan kehamilan. Gejalanya antara lain mata berkunang-kunang, nyeri ulu hati, serta kaki bengkak. Preeklamsia sangat menakutkan karena bila tidak ditangani dengan tepat bisa menjadi eklamsia yang menyebabkan kejang, koma hingga kematian. 

Hal-hal di atas merupakan hal yang harus selalu Moms waspadai ketika Moms sedang hamil saat ini. 

Baca Juga :Seks Selama Kehamilan: Kapan Menjadi Bahaya?