Jelang melahirkan, biasanya Moms akan merasakan beberapa gejala,  yang muncul selama beberapa waktu. Jangan diabaikan, gejala tersebut menandakan bahwa Moms sudah memasuki tahap terakhir dari proses kehamilan. Sebaiknya Moms mengenali semua tanda melahirkan, agar segera mendapat penanganan terbaik. 

Beberapa tanda di bawah ini, akan muncul ketika Moms akan melahirkan, antara lain: 

Keluar flek 

Biasanya muncul sebagai tanda Moms akan segera melahirkan. Hal ini sebagai dampak dari adanya perubahan serviks. Pada masa kehamilan 9 bulan atau trimester akhir, biasanya dokter sudah melihat adanya perubahan pada serviks Moms. 

Pecahnya Air Ketuban dan Kontraksi 

Saat cairan ketuban pecah, maka secara otomatis cairan ini akan mengalir keluar melalui vagina Moms. Ini merupakan tanda bahwa Moms akan segera melalui proses persalinan. Bila cairan ini keluar,  baik dalam jumlah banyak maupun sedikit, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan persalinan. Kebanyakan Moms biasanya mengalami kontraksi terlebih dahulu sebelum air ketubannya pecah. 

Namun, pada beberapa kasus lainnya, yang terjadi sebaliknya, air ketuban pecah sebelum terjadi kontraksi. Bila dalam beberapa jam Moms belum mengalami kontraksi, sementara air ketuban sudah pecah, biasanya dokter akan melakukan induksi. Alasannya, untuk menghindari infeksi pada janin. Karena, selama kehamilan air ketuban berfungsi untuk melindungi janin dari kuman, jika pecah, maka janin berisiko terjangkit infeksi. Maka itu tindakan induksi perlu segera dilakukan. 

Gejala Lainnya 

Beberapa Moms hamil akan merasakan beberapa gejala lain, seperti  mual, mulas, diare dan sakit kepala. Sebagian kecil lainnya akan merasakan beberapa gejala yang mirip PMS, seperti kram perut dan emosi yang tidak stabil. 

Kapan Moms Bisa Menghubungi Dokter?

Saat yang tepat untuk menghubungi dokter adalah ketika Moms merasakan tanda-tanda memasuki tahap persalinan. Dokter akan memantau waktu kontraksi dan gejala lain yang Moms alami. Terlebih lagi jika Moms mengalami pecah ketuban, jangan tunda untuk segera menghubungi dokter.  

Saat menginjak usia kehamilan 9 bulan, sebaiknya Moms sudah mempersiapkan beberapa perlengkapan menjelang melahirkan, agar Moms bisa selalu siap saat semua gejalanya sudah muncul. Agar kondisi Moms selalu stabil, penuhi terus kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan hingga jelang melahirkan.