Sebelum membeli baju hamil, perhatikan beberapa hal berikut. 

 

Ketika hamil, akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh Moms. Salah satu perubahan yang paling mudah diidentifikasi adalah perut yang semakin membesar. Perubahan bentuk tubuh ini menyebabkan banyak Moms tidak lagi bisa menggunakan baju lamanya. Berbagai baju hamil yang memang khusus diperuntukkan bagi bumil pun muncul sebagai alternatif. 

 

Haruskah menggunakan baju hamil? Mungkin pakaian yang biasa digunakan sebelum hamil masih bisa digunakan pada trimester pertama kehamilan. Akan tetapi, memasuki usia 4 atau 5 bulan kehamilan, keadaan perut tentunya akan semakin besar sehingga mau-tidak-mau membuat bumil harus mengenakan pakaian yang lebih besar. Banyak Moms hamil mulai menggunakan baju ibu hamil saat kehamilannya memasuki usia 6 bulan. 

 

Namun, kebutuhan akan baju ibu hamil ini tergantung pada diri Moms sendiri. Jika merasa tidak nyaman dengan pakaian  sehari-hari, sepertinya Moms membutuhkan baju hamil. Namun, jika  merasa nyaman dan baik-baik saja mengenakan pakaian sehari-hari, mungkin Moms tidak begitu memerlukan baju hamil. Akan tetapi, ingatlah bahwa mengenakan pakaian ketat selama kehamilan tidak direkomendasikan. Selain dapat membuat tidak nyaman, pakaian ketat juga bisa mendatangkan masalah kehamilan yang tidak diinginkan. Karena itu, bagi Moms yang sedang hamil,  bijak dalam memilih baju hamil agar tidak mengganggu dan memengaruhi janin dalam kandungan. karena hamil itu adalah anugerah Tuhan yang sangat luar biasa dan harus kita jaga. 

 

Berikut ini beberapa tips dalam memilih baju hamil yang aman dan nyaman :

- Belilah baju hamil secara bertahap sesuai dengan usia kehamilan, agar mudah mengenali pertambahan ukuran tubuh setiap bulannya. 

 

- Pilih baju dengan bahan yang dingin dan nyaman seperti katun. 

 

- Pilih baju hamil yang dapat dipakai untuk menyusui seperti baju hamil yang dilengkapi kancing pada bagian depannya. 

 

- Pilih baju hamil dengan desain yang bisa digunakan pada setiap fase mulai dari hamil,, melahirkan menyusui, hingga sebagai item fashion sehari hari

 

- Disarankan untuk membeli celana hamil yang sesuai dengan besarnya perut Moms. Selain itu,  pilih celana hamil yang nyaman dikenakan.  

 

- Pilih baju hamil dengan bahan lembut dan tidak panas.  Banyak baju hamil di pasaran hanya menawarkan desain baju hamil yang mengakomodir perut yang membesar. Faktor keamanan dan estetika belum tentu mereka penuhi. Karena itu, tidak banyak baju hamil yang mampu membuat pemakainya merasa nyaman dan stylish