Kehamilan adalah hal yang paling diidamkan oleh hampir setiap pasangan. Setiap kehamilan adalah suatu yang unik. Setiap ibu hamil akan berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk calon buah hatinya. Perubahan fisik maupun psikologis tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang Moms hamil. Perubahan fisik yang paling mudah dilihat adalah perubahan postur tubuh atau perubahan di dalam peningkatan berat badan. 

Salah satu tanda kehamilan sehat adalah adanya peningkatan berat badan pada bumil. Mengapa peningkatan berat badan menjadi penting?  Karena ketika penambahan berat badan pada bumil kurang,  maka akan berdampak buruk terhadap janin yang di kandungnya dari kelahiran prematur hingga kematian janin. Tetapi kenaikan berat badan Moms hamil juga tidak boleh berlebihan. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tinggi gula dengan dalih untuk meningkatkan berat badan Moms dan janin. Karena, terlalu banyak gula akan mengakibatkan bayi yang nanti dilahirkan mengalami hipoglikemia. Berikut adalah beberapa tip untuk menaikkan berat badan Moms hamil dengan sehat : 

Makan makanan dengan gizi seimbang 

Selama hamil diusahakan agar Moms hamil mengonsumsi karbohidrat, protein, hingga serat dengan seimbang. Tidak lupa beberapa suplemen makanan seperti asam folat yang memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kecacatan pada janin.

Mengonsumsi lemak baik 

Ketika Moms mendengar kata lemak pasti akan terbayang berbagai jenis gorengan crunchy yang menggugah selera tetapi lemak yang dimaksudkan di sini adalah lemak baik yang berasal dari makanan seperti lemak pada kacang-kacangan, alpukat hingga salmon. 

Perhatikan kebutuhan cairan 

Perhatikan kebutuhan cairan yang dimaksud disini adalah tidak berlebihan dalam mengonsumsi air. Karena terlalu banyak minum air atau dalam kategori di sini berlebihan,  maka Moms hamil akan merasa kenyang dan tidak memiliki nafsu makan. 

Memantau pola makan 

Selera makan seorang ibu saat hamil bisa menghilang di awal kehamilan karena sedang mengalami mual dan muntah. Untuk mensiasati hal tersebut maka dianjurkan untuk makan dengan porsi sedikit tapi sering. Kalori yang dibutuhkan ibu hamil lebih banyak 500 kkal daripada ibu yang tidak hamil. Dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dan hindari untuk mengonsumsi gula berlebihan.