Hypnobirthing adalah program persalinan yang mengutamakan kesehatan ibu, baik dari segi psikologi maupun fisik. Tak jarang, teknik hypnobirthing akan melibatkan partner melahirkan (ayah atau individu pilihan lainnya) dan bayi yang akan dilahirkan. 

Lokasi untuk melahirkan dengan teknik hypnobirthing bisa dilakukan di kediaman yang tenang, rumah sakit, atau klinik bersalin. Hal terpenting dari hypnobirthing adalah bahwa program ini menerapkan hipnoterapi saat proses melahirkan. 

Hipnoterapi tersebut dilakukan berdasarkan teori bahwa untuk melahirkan secara nyaman dan mudah, setiap ibu harus terlebih dahulu memiliki pengalaman mengenai cara rahim berfungsi secara alami selama proses melahirkan normal. 

Teknik hypnobirthing juga dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat seperti di bawah ini: 

  • Periode tahap awal melahirkan yang lebih singkat
  • Membantu mengurangi rasa sakit
  • Mengurangi lama waktu dirawat di rumah sakit
  • Membantu mengurangi rasa cemas dan takut setelah melahirkan 

Teknik hypnobirthing terbilang aman untuk Ibu hamil karena tidak ada konsumsi obat-obatan. Moms hanya diarahkan untuk menjadi lebih positif dari alam bawah sadar. Teknik juga tidak sakit dan jauh dari bahaya. 

Nah, untuk melakukan teknik hypnobirthing ini, Moms bisa mengikuti teknik-teknik berikut pada saat kehamilan: 

  1. Moms bisa mengikuti kelas hypnobirthing atau melakukannya sendiri di rumah sebanyak dua kali sehari selama 10-15 menit. Pastikan Moms dalam kondisi relaks ya. 
  2. Setelah itu carilah posisi senyaman mungkin. Duduk atau berbaring, tidak masalah. Tapi, jika Moms memilih posisi berbaring, sebaiknya menyamping ke arah kiri karena baik bagi peredaran darah ke rahim atau plasenta .
  3. Cobalah untuk membayangkan taman bunga yang luas dan indah dengan air yang mengalir di sungai sambil memberikan sugesti yang positif mengenai proses kelahiran si Kecil.  
  4. Jika memungkinkan, ajak ayah untuk ikut serta. Latihan pernapasan seperti ini juga dapat membantu ayah melepaskan stres dan melatih ketenangannya. 

Moms, persiapan fisik dan mental menjelang kelahiran si Kecil tidak hanya untuk Ibu saja. Tetapi ayah juga harus merasa siap, baik secara fisik maupun mental. Tidak hanya untuk menyambut kehadiran si Kecil, namun juga untuk mendampingi Moms selama proses persalinan. Kehadiran dan juga dukungan ayah, tentunya akan sangat membantu kondisi psikologis Moms di dalam ruang bersalin.

Adapun keuntungan yang bisa Moms dapatkan saat melibatkan ayah dalam persalinan: 

  1. Ikut bertanggung jawab mempersiapkan kekuatan mental istri dalam menghadapi persalinan. 
  2. Walau kehadirannya hanya sebatas menemani, memegang tangan istri, mencium dan membisikkan kata-kata yang menghibur tapi hal ini dapat memberikan dorongan kekuatan mental yang ekstra bagi istri 
  3. Kehadiran suami, bisa membantu untuk melakukan hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian Moms selama proses persalinan,  sambil ikut membantu mengukur waktu kontraksi. 
  4. Sentuhan suami dengan mengusap punggung anda sangat membantu
  5. Menjadi titik fokus dan bernapas bersama Moms selama masa kontraksi. 

Sampaikan kepada suami untuk selalu mengikuti keinginan Moms saat rasa sakit tersebut mulai terasa. Ini bertujuan agar kondisi psikologis Moms sedikit lebih relaks..