Bukan hanya bagi orang dewasa. Madu terbukti juga memberikan banyak manfaat luar biasa bagi tumbuh kembang dan kesehatan si Kecil. Tidak mengherankan, karena madu itu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi si Kecil, seperti kalsium, magnesium, Kalium, zink, folat, dan vitamin C. 

Untuk si Kecil yang sedang masanya lasak bergerak, madu pun memberikan energi dan protein untuk memberikannya tenaga. 

Selain memiliki nilai gizi dan nutrisi tinggi, ternyata madu bisa membantu peyembuhan beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Apa saja?

  1. Obat sakit perut

Saat si Kecil bermasalah dengan pencernaannya, madu bisa menjadi obat untuk membantu menyembuhkan rasa sakit  di area ini. Selain itu, juga membantu meningkatkan metabolisme anak selama saat dia menderita sakit, sehingga tubuh si Kecil cepat pulih kembali.

  1. Meredakan nyeri sakit gigi

“Madu kan manis, apa tidak malah makin sakit giginya?” mungkin Moms merasa ragu atas khasiat madu untuk sakit gigi ini. Ternyata Moms, jika madu diberikan dengan  sedikit kayu manis ini akan menjadi paduan  obat ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya, Moms buat campuran satu sendok teh kayu manis dan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan campuran ini langsung ke area gigi yang sakit. Ini bisa menjadi pereda nyeri akibat sakit gigi.

  1. Membantu menyamankan pencernaan

Madu dikatakan sebagai obat alami yang membantu dalam pencernaan. Moms bisa membuat teh dengan madu saat mengalami gangguan pencernaan. Ini akan membantu si Kecil merasa pencernaannya jauh lebih santai.

  1. Membantu melembapkan kulit anak

Madu adalah salah satu bahan pelembab terbaik untuk kulit. Moms dapat membuat pelembap sendiri dengan  paduan madu dan lemon, atau madu dan lidah buaya. Dapat  pula ambil sedikit madu, lalu encerkan dengan air, baru oleskan ke kulit anak yang mengalami kekeringan. Moms akan melihat  kulit kering yang dialami si Kecil akan mereda, dan terasa lebih lembap. 

  1. Menenangkan nyeri otot

Si Kecil seharian berlarian, atau banyak kegiatan luar ruang sehingga terlihat begitu capek? Nah, coba Moms berikan dia minuman segelas air hangat yang diberikan satu sendok teh madu. Minuman dengan madu ini dapat membantu menenangkan nyeri otot dan kecapekan yang dirasakan anak-anak. 

  1. Menyembuhkan sariawan

Penyakit di mulut satu ini benar-benar bisa membuat anak menjadi rewel hingga mogok makan. Untuk mengatasinta, Moms bisa membuat campuran madu dan kunyit. Lalu, oleskan ke bagian yang terkena sariawan. Biasanya nih luka akibat sariawan ini lebih cepat sembuh. 

  1. Membantu mengatasi asma

Jika si Kecil ada penyakit asma, rasanya Moms perlu stok madu di rumah. Madu sangat membantu ketika anak-anak menderita asma, terutama ketika mereka mengalami serangan asma di malam hari. Madu memiliki khasiat untuk menekan rasa sesak, sehingga si Kecil yang terkena asma ini bisa bernapas lebih mudah.

  1. Membantu meredakan sakit tenggorokan

Madu adalah salah satu obat alami yang paling umum untuk sakit tenggorokan. Dalam  metode pengobatan Ayurveda dan metode  obat-obatan alami lainnya, madu dalam berbagai bentuk sering digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Madu untuk batuk anak-anak adalah sesuatu yang diikuti di banyak rumah di India dan negara Asial lainnya, karena khasiatnya yang luar biasa.

  1. Bermanfaat saat anak alami flu dan batuk

Bukan hanya saat dia sakit tenggorokan. Ketika si Kecil sedang berjuang melawan pilek, batuk, atau demam yang parah, madu dapat sangat membantu. Caranya, Moms tambahkan madu ke dalam air hangat dan diberi sedikit daun ruku-ruku. Campuran ini akan menenangkan tenggorokannya yang tidak nyaman, dan membantu si Kecil memulihkan kesehatannya.

Cara lain, Moms dapat menyuapkan satu sendok makan madu yang dikonsumsi apa adanya.  Dengan cara ini pun dapat membantu proses penyembuhan bagi si Kecil.

  1. Berguna mengatasi peradangan kronis

Madu juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan peradangan. Namanya anak kecil pasti ada saja saatnya dia jatuh dan terluka. Nah, luka si Kecil ini bisa Moms bantu sembuhkan dengan mengoleskan madu. Madu memang telah digunakan sebagai anti-inflamasi selama bertahun-tahun.

Meskipun madu merupakan sumber nutrisi luar biasa dan berkhasiat membantu penyembuhan dari beberapa penyakit, Moms jangan memberikannya untuk bayi yang berusia kurang dari satu tahun. Bayi Kecil ini mungkin belum siap risiko terkontaminasi oleh spora bakteri Clostridium botulinum yang dikenal sebagai penyakit botulisme. Penyakit ini menjadi masalah bagi si Kecil.

Dan, untuk madu bagi anak ini Moms pastikan dari produsen yang terpercaya. Sebisa mungkin pilih madu yang terbaik ya Moms…..

^IK