Masuk angin sebenarnya bukanlah istilah yang ada di dalam dunia medis, Moms. Istilah masuk angin sering digunakan oleh orang Indonesia untuk menggambarkan kondisi tubuh yang sedang tidak fit. 

Gejala masuk angin biasanya demam, menggigil, nyeri otot, pegal-pegal, mual, kembung, serta hilangnya nafsu makan, yang sebenarnya merupakan tanda-tanda umum infeksi virus atau bakteri. 

Nah, karena penyebab terseringnya adalah infeksi, maka mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa mendukung sistem imun tubuh bisa membantu melawan masuk angin. Apa saja makanan dan minuman tersebut? Mari disimak ulasannya. 

Air Putih Hangat 

Demam, muntah, dan diare bisa menyebabkan dehidrasi, makanya penting sekali untuk minum cukup cairan agar tidak dehidrasi. Minum air putih hangat yang cukup bisa membantu tubuh pulih saat masuk angin. 

Makanan Tinggi Zinc 

Kekurangan zinc akan membuat tubuh kita lebih gampang terkena infeksi. Konsumsi makanan tinggi zinc seperti biji labu, daging unggas, telur, kacang-kacangan, lever, atau bayam bisa membantu memenuhi kebutuhan zinc harian, sehingga baik dikonsumsi saat sakit. 

Quercetin 

Antioksidan yang satu ini banyak terdapat di dalam buah dan sayuran seperti bawang bombay, apel merah, anggur merah, beri-berian, bayam, brokoli, tomat, cabai, dan ceri. Quercetin bahkan terbukti bisa menghambat replikasi virus COVID19 yang sering membuat penderitanya merasakan gejala seperti masuk angin. 

Vitamin C 

Vitamin C mungkin adalah vitamin yang paling populer dikonsumsi saat sakit. Vitamin C memang punya kemampuan untuk menurunkan inflamasi dan sebagai antioksidan. Moms tidak hanya bisa menemukan vitamin C dalam buah-buahan citrus seperti jeruk atau lemon, tetapi juga di buah dan sayur lain seperti jambu biji, brokoli, pepaya, tomat, melon, dan bayam. 

Glutathione 

Glutathione adalah master antioksidan yang bisa ditemukan di banyak sayuran cruciferous seperti kembang kol, kubis, kangkung, selada taman, bok choy, brokoli, tanaman sawi, kubis Brussel, dan sayuran berdaun hijau serupa. Selain sebagai antioksidan, Glutathione juga meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami yang kita butuhkan saat melawan infeksi. 

Nah, itu dia beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu saat menghadapi masuk angin yang bisa Moms coba untuk keluarga. Jika sakit terus berlanjut, jangan ragu untuk ke dokter ya, Moms.