Dalam beberapa pekan ini, para Moms se-Indonesia sedang heboh dikarenakan kasus gagal ginjal akut yang menyerang banyak anak balita di Indonesia. Bagaimana tidak, di tengah pandemi COVID19 yang masih belum dinyatakan usai ini, para Moms mendapatkan kekhawatiran baru tentang penyakit yang salah satu penyebabnya diduga karena obat-obatan sirup pereda demam dan flu anak-anak. Dugaan ini sampai menyebabkan keluarnya anjuran resmi untuk menghindari sementara penggunaan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair atau sirup. 

Nah lo, kalau anak-anak demam mesti bagaimana dong? Yang pertama, tentu jangan panik dulu, Moms. Seperti yang ditulis di situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, demam merupakan reaksi normal tubuh ketika melawan kuman. Jadi demam itu ada fungsinya, Moms. Maka, memang tidak perlu terburu-buru memberikan obat pereda demam. Lantas harus bagaimana dong, kan kasihan anaknya? Untuk mengurangi ketidaknyamanan anak, dokter Ana Maria Temple, seorang dokter anak dari North Carolina dalam blognya menyarankan orang tua untuk mencoba pereda demam alami berikut ini.

Cukupi Cairan 

Demam sendiri pada dasarnya tidak berbahaya, tetapi demam bisa membuat anak dehidrasi. Oleh karenanya pastikan selama demam anak tercukupi cairannya. Jika anak malas minum air putih, Moms bisa menyiasatinya dengan menawarkan air kelapa, infused water, air kaldu, popsicles, atau ASI untuk bayi yang masih menyusu. 

Ajak Anak Istirahat 

Saat sakit, tubuh butuh istirahat agar bisa melawan infeksi dan peradangan dalam tubuh dengan baik. Ajak anak untuk beristirahat lebih banyak daripada biasanya. 

Berendam dengan Garam Epsom 

Garam epsom mengandung magnesium yang bisa membantu anak relaks dan mendukung proses detoksifikasi. Campurkan 2 cangkir garam epsom ke dalam bathtub berisi air hangat, dan ajak anak berendam kurang lebih 10-15 menit. Gunakan 1 cangkir garam untuk toddler dan ¼ cangkir untuk bayi. 

Kompres 

Kompres hangat di ketiak anak akan membantu menurunkan panas tubuh karena membuka pori-pori kulit untuk penguapan. 

Membalur dengan Minyak Esensial 

Sebelum menggunakan minyak esensial pastikan untuk diencerkan terlebih dahulu sesuai tingkat kesensitifan kulit anak ya, Moms. Beberapa jenis minyak esensial yang punya efek mendinginkan antara lain: peppermint, tea tree, lavender, eucalyptus, frankincense, dan lemon. 

Itu dia beberapa pereda demam alami yang bisa Moms coba di rumah. Jika ada tanda-tanda gawat darurat seperti dehidrasi, penurunan kesadaran, atau penurunan volume dan frekuensi urin segera ke faskes terdekat ya, Moms.