Mungkin Moms sudah sering mendengar minyak zaitun sebagai minyak untuk kecantikan dan kesehatan kulit, khususnya wajah. Di luar minyak zaitun, banyak minyak lainnya yang juga ampuh menciptakan kulit lembap, kenyal dan anti kusam lho, Moms. 

Di antara berbagai minyak, berikut beberapa jenis minyak yang terbukti mampu menciptakan kulit sehat dan kenyal. Cek juga cara pemakaiannya ya, Moms.

1. Minyak kelapa

Bahan pokok rumah tangga ini berguna sekali bagi kulit. Mulai dari fungsinya sebagai pelembap kulit bibir hingga masker rambut. Minyak kelapa ini kaya akan asam lemak, yang memberikan sifat antibakterial, membantu kulit Moms meningkatkan produksi kolagen, dan dapat membantu meningkatkan tingkat kelembapan. 

Minyak kelapa disukai karena sifatnya yang lebih mudah menyerap daripada minyak jenis lainnya, Moms, Meski demikian, pada beberapa orang, minyak kelapa ini bersifat  komedogenik, yaitu menyumbat pori-pori. 

Kandungan asam laurat yang tinggi dari minyak ini juga dapat menyebabkan penumpukan di lapisan atas kulit. Sehingga pemakaiannya yang berlebihan justru akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Cara pakai: 

Minyak kelapa merupakan bahan dasar yang bagus untuk sebagian besar produk kecantikan yang bisa Moms buat sendiri di rumah. Misalnya, dengan paduan sea salt dan esensial oil yang memberikan aroma menyegarkan, seperti dari sereh dan jeruk, akan menjadi lulur yang mengangkat kulit mati, sekaligus melembapkan kulit dengan harus yang menenangkan.  

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun tinggi kandungan vitamin E, antioksidan yang larut dalam minyak yang sering digunakan dalam produk anti-penuaan. Ketika dioleskan, minyak zaitun ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit dan rambut. 

Menurut sebuah penelitian, vitamin E juga merupakan anti-inflamasi untuk kulit yang sangat menakjubkan. Sehingga melindungi kulit Moms saat mengalami kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari. Namun, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan terlalu sering dapat memperburuk eksim, jika Moms rentan terhadap gangguan kulit.

Cara pakai: 

Minyak zaitun organik menjadi pilihan terbaik untuk tren membersihkan wajah dengan oil cleansing, yakni menggunakan pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Hal ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi, serta kemampuannya untuk mengangkat riasan yang paling membandel sekali pun. 

Bahkan jika Moms bukan penyuka membersihkan wajah dengan cara oil cleansing akan menyukai membersihkan wajah dengan minyak ini. Karena, satu tetes minyak zaitun sudah bisa menjadi penghapus make up tersisa. 

Caranya juga mudah. Cukup teteskan minyak ini telapak tangan. Gosok-gosokkan dengan tangan, lalu balurkan perlahan dengan kedua telapak tangan layaknya memakai sabun. Setelah itu bersihkan dengan waslap yang sebelumnya direndam air hangat. Untuk, pertama, diamkan waslap hangat ini selama beberapa detik di wajah. Setelah itu, gulungkan waslap di jari tangan, agar mempermudah pembersihan sudut-sudut wajah. Bersihkan dengan menggosok perlahan-lahan.

3. Minyak biji bunga matahari

Penelitian telah menunjukkan bahwa ini kemungkinan akan menjadi salah satu pilihan alami terbaik wajah Moms. Minyak ini kaya akan asam lemak omega-6 (asam linoleat) dan vitamin E. 

Pemakaiannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi penumpukan lemak di wajah yang bisa menyumbat pori-pori. Sehingga, wajah Moms bisa bebas dari komedo dan jerawat, tanpa menyebabkan iritasi. 

Cara pakai: 

Jika menginginkan minyak yang lebih ringan untuk pembersih wajah, terutama jika Moms berjerawat, pakailah minyak biji bunga matahari. Cara pakai sama seperti penggunaan oil cleansing lainnya.

Selain itu, Moms dapat menggunakannya sebagai minyak pelembab tubuh. Oleskan minyak ini begitu Moms selesai mandi.

4. Minyak almond

Minyak almond merupakan pelembap tubuh yang bisa diandalkan. Sifat minyak yang melembutkan kulit tubuh telah ditunjukkan dalam satu penelitian dapat membantu mengurangi terbentuknya stretch mark. Telah terbukti memiliki efek foto-protektif pada kulit. Karenanya dapat membantu mengurangi kerusakan akibat proses penuaan.

Cara pakai: 

Moms bisa menjadikannya sebagai body oil. Balurkan tipis-tipis minyak ini pada tubuh yang lembab seusai mandi. 

5. Minyak jarak

Minyak jarak pada masa penjajahan Jepang sebagai bahan bakar biodiesel. Ternyata minyak yang disebut castor oil, ini bermanfaat bagi kulit dan rambut. 

Banyak yang memercayai ini minyak ini membantu menumbuhkan  rambut secara alami. Minyak ini pun menjadi pelembap yang bagus untuk rambut dan tubuh, karena memiliki sifat humektan, agen pelembap yang menarik air.

Cara pakai: 

Umumnya digunakan sebagai pelembab tubuh atau minyak rambut. Bila Moms memakainya untuk untuk pembersih wajah, coba campurkan dengan minyak zaitun. Kandung trigliserida dari minyak ini bisa membantu menghilangkan kotoran di wajah dengan sempurna.

Baca Juga :