Kanker itu banyak jenisnya, Moms. Dari sekian banyak jenis kanker, terdapat beberapa jenis kanker yang rentan menyerang anak-anak. Kanker anak tersebut biasanya menyerang anak di bawah usia 18 tahun, bahkan yang masih berada di dalam kandungan. 

Terdapat 6 (enam) jenis kanker yang rentan menyerang usia anak-anak. Enam jenis kanker tersebut sesuai kasus dari urutan tertinggi yaitu leukimia, retinoblastoma, osteosarkoma, limfoma maligna, karsinoma nasofaring dan neuroblastoma.

Berikut penjelasan dan gejala kanker yang paling sering menyerang anak-anak ini: 

Leukemia 

Merupakan penyakit keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang. 

Gejalanya antara lain:  

Retinoblastoma 

Adalah tumor ganas primer pada mata yang sering dijumpai pada terbanyak pada bayi dan anak usia 5 tahun.

Gejalanya antara lain: 

Osteosarkoma 

Atau kanker tulang adalah keganasan yang tumbuh dari tulang. Sering terjadi pada anak menjelang remaja (di atas 10 tahun).

Gejalanya antara lain: 

Limfoma Maligna 

Adalah keganasan primer jaringan getah bening yang bersifat padat. Pada anak, angka kejadian tertinggi yaitu pada usia 7-10 tahun, dan lebih banyak dijumpai pada anak laki-laki dibanding anak perempuan.

Gejalanya antara lain: 

Karsinoma Nasofaring 

Merupakan tumor ganas pada area antara daerah hidung dan tenggorokan. 

Gejala dini antara lain: 

Pada stadium lanjut,  gejala ini bertambah, seperti: 

Neuroblastoma 

Yaitu tumor embrional dari sistem saraf simpatis yang berasal dari cikal bakal jaringan saraf. Ini merupakan kanker yang sering diderita pada usia 0 – 4 tahun. 

Gejalanya antara lain:

Moms… jika si Kecil mengalami kanker memang akan memukul jiwa kita sebagai orang tua. Tapi,  janganlah terpuruk dalam kesedihan dan berputus asa. Segera bawa si Kecil untuk mendapatkan pengobatan medis. Semakin dini, semakin tinggi efektivitas pengobatan untuknya meraih kesembuhan. Si kecil bisa bermain, beraktivitas dan menggapai masa depan seperti anak-anak lainnya. 

“Jika anak kita adalah masa depan, lalu mengapa tidak berjuang keras untuk mencari kesembuhannya #throughourhands”

^IK