Moms pernah mengalami pandangan berkunang alias light-headedness, dimana penglihatan berangsur kabur dan dunia terasa berputar? Keluhan pandangan berkunang juga biasanya diikuti dengan perasaan mual, keringat dingin, keseimbangan tubuh terganggu, dan tubuh terasa ringan seperti mau pingsan. 

Menurut Shamai Grossman dari Harvard Medical School, pandangan berkunang bisa menjadi pertanda Moms mengalami beberapa jenis gangguan kesehatan. Meski mayoritas bukanlah jenis penyakit berbahaya, namun gejala pandangan berkunang bisa amat mengganggu aktivitas sehari-hari dan berpotensi menimbulkan cidera serius apabila diikuti dengan pingsan. 

Berikut beberapa jenis gangguan kesehatan yang kemungkinan Moms alami apabila merasakan gejala pandangan berkunang:

Dehidrasi

Beraktivitas di tengah udara panas dan terik matahari bisa menyebabkan cairan tubuh menguap dan Moms mengalami dehidrasi. Sebagai akibatnya, volume darah di dalam tubuh berkurang dan tekanan darah menurun sehingga sirkulasi darah ke otak juga ikut terhambat. Kondisi inilah yang mengakibatkan Moms mengalami pandangan berkunang dan merasa seperti mau pingsan.

Kalau sudah begini, Moms perlu segera duduk beristirahat dan minum segelas air putih. Jika kondisi dehidrasinya sudah serius, dokter kemungkinan akan memberikan infus cairan tubuh untuk membantu memulihkan hidrasi tubuh. Untuk selanjutnya, Moms perlu minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari agar tubuh tidak lekas mengalami dehidrasi. 

Tekanan darah merosot

Sistem saraf otonom bertugas membantu tubuh mengatur perubahan tekanan darah saat kita berubah posisi dari duduk menjadi berdiri. Seiring bertambahnya usia, fungsi sistem ini akan berkurang sehingga menyebabkan tekanan darah merosot drastis saat kita berdiri dari posisi duduk (dikenal dengan nama hipotensi ortostatik). Merosotnya tekanan darah secara tiba-tiba ini yang mengakibatkan kepala terasa ringan dan pandangan berkunang. 

Gula darah turun

Ketika kadar gula darah menurun, segenap sistem di dalam tubuh kita—termasuk sistem otak, akan berusaha menggunakan energi sehemat mungkin. Inilah yang memicu munculnya keluhan pusing dan pandangan berkunang yang Moms alami. Kondisi ini bisa diatasi secara cepat dengan minum segelas teh manis atau makanan manis seperti cokelat dan permen. 

Kadar zat besi di bawah normal

Asupan makanan yang kaya kandungan zat besi seperti daging, hati, tahu, dan bayam berguna membantu memompa sel darah merah ke seluruh tubuh untuk menyalurkan oksigen dan zat nutrisi. Kekurangan asupan zat besi bisa menghambat penyaluran oksigen dan zat nutrisi sehingga memicu munculnya rasa pusing dan tubuh lemas. Kondisi kekurangan kadar zat besi disebut anemia dan biasanya disertai gejala lain seperti wajah pucat dan tangan terasa dingin. Periode menstruasi yang berat juga dapat menyebabkan terjadinya anemia, Moms.

Pengaruh obat

Konsumsi obat -obatan yang bisa menurunkan tekanan darah dan membuat Moms lebih sering berkemih juga terkadang menimbulkan efek samping berupa pandangan berkunang. Obat penstabil tekanan darah dan konsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti kopi juga bisa menimbulkan efek serupa. Jika efek samping berupa pandangan berkunang sudah terasa mengganggu, Moms bisa meminta dokter menyesuaikan dosis obat atau mencoba jenis obat lainnya.

Sakit jantung/stroke

Pada kondisi yang paling serius, keluhan pusing dan pandangan berkunang bisa jadi merupakan salah satu pertanda serangan jantung atau stroke. Tapi, serangan jantung biasanya diikuti pula oleh gejala lain berupa nyeri dada, sesak napas, mual, nyeri lengan, nyeri punggung atau nyeri rahang. Sedangkan stroke diikuti oleh gejala sakit kepala tiba-tiba, tubuh lemas, perubahan visual, dan kesulitan berbicara atau bicara cadel. Jika mengalami ini, Moms harus segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secepat mungkin. 

^IK