Tahukah Moms, penyakit kecacingan atau cacingan termasuk dalam 11 dari 20 jenis penyakit terabaikan atau Neglected Tropical Disease (NTD) yang terdapat di Indonesia. Padahal lebih dari 1,5 miliar orang atau 24% dari populasi dunia, terinfeksi cacing tanah di seluruh dunia. Infeksi tersebar luas di daerah tropis dan subtropik. Dengan Indonesia salah satunya. 

Penyakit ini memang jarang mematikan. Tapi, cacingan bisa memengaruhi status gizi seorang anak. Padahal, gizi menjadi modal bagi si Kecil untuk tumbuh dan berkembang menjadi  sumber daya manusia yang berkualitas.

Jadi, sebagai orang tua, Moms memang perlu melakukan langkah pengobatan dan pencegahan agar si Kecil tidak terdampak dari kecacingan.

Cacingan vs gizi dan kecerdasan anak

Dampak yang  cenderung tanpa gejala menyebabkan penyakit kecacingan ini sering diabaikan. Padahal, kerugian yang ditimbulkan akibat kecacingan pada status gizi itu sangat besar, terutama bagi seorang anak. Kok bisa? Ini sebabnya: 

Penurunan penyerapan protein dan kalori dan kehilangan darah itu bisa menjadikan si Kecil mengalami anemia, mudah mengantuk, lelah, letih dan malas belajar. Yang akhirnya juga menurunkan IQ, prestasi dan produktivitas anak. Sayang sekali kan….

Mencegah lebih baik

Untuk penyakit kecacingan ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan dilakukan pengobatan secara periodik dengan obat cacing, tanpa harus didiagnosis sebelumnya terkena atau tidak penyakit ini. Pengobatan setidaknya diberikan sekali setahun. WHO merekomendasikan obat cacing anthelminthic, yaitu albendazole (400 mg) dan mebendazole (500 mg). 

Bagaimana dengan balita? Menurut IDAI, pemberian obat cacing dapat dimulai sejak anak usia 2 tahun. Hal ini, disebabkan karena pada usia 2 tahun sudah terjadi adanya kontak si Kecil dengan tanah yang merupakan sumber penularan infeksi cacing. Ini bisa dikatakan juga sebagai langkah pencegahan.  Pemberian obat cacing dapat diulang setiap 6 bulan sekali. Terutama bila lingkungan Moms tinggal itu rawan sebagai endemis penyakit kecacingan. 

Selain pemberian obat cacing, Moms dan keluarga pun perlu menerapkan kebiasaan hidup yang sehat ini mencegah penyakit kecacingan, antara lain:

^IK