Keracunan makanan sering terjadi. Bukan hanya karena makan makanan dari luar, lho, Moms…

Bisa jadi keracunan makanan ini bersumber dari cara Moms sendiri saat berbelanja bahan makanan di pasar atau supermarket. Dapat pula terjadi  sewaktu menyiapkan dan menyimpan makanan di rumah sendiri. 

Keracunan makanan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi Moms dan keluarga, seperti  diare,  sakit perut dan muntah hingga keracunan makanan yang lebih serius. Dan,  penyakit seperti hepatitis A juga bisa menjadi imbas dari keracunan makanan. 

Berikut cara meminimalkan risiko keracunan makanan di dalam keluarga Moms.

Cek tampilan makanan

Moms perlu berhati-hati untuk bahan makanan.   Beberapa dari makanan itu bisa mudah terinfeksi bakteri dan virus. Atau makanan itu sendiri bisa mengandung bahan tertentu yang  dapat menyebabkan keracunan makanan. 

Ada pula bahan makanan yang sebenarnya aman, tapi menjadi penyebab keracunan makanan karena terkontaminasi dari makanan lain. 

Penting bagi Moms untuk menghindarkan Moms dan keluarga dari  makanan yang sudah mengeluarkan bau (biasanya bau kurang sedap atau asam), mulai berlendir atau berjamur. Buang saja makanan ini tanpa ragu-ragu.

Saat belanja

Saat menyiapkan makanan

Saat memasak

Menyimpan makanan

Beberapa jenis makanan memerlukan perawatan ekstra untuk  penyimpanan, persiapan, dan penanganan, bila Moms membeli berikut ini:

Baca Juga :Waspadai Keracunan Makanan