Moms, punya permasalahan berat badan yang tak sulut turun padahal sudah mencoba aneka jenis diet dan olahraga? Moms tidak sendiri. Memang, ada beberapa orang yang sudah ekstra diet dan olahraga tapi jarum timbangan sulit bergeser ke kiri. Malah, jika terpleset sedikit saja dari diet dan olahraga, timbangan akan  melonjak tanpa permisi. 

Sebelum pasrah dan menganggap gemuk sebagai kutukan. Coba introspeksi dulu kebiasaan tidur Moms. Ternyata ya Moms, dengan cukup istirahat tidur di malam hari ternyata membantu Moms untuk program menurunkan berat badan.  (Lihat artikel: Benarkah Tidur Bikin Tubuh Langsing?)

Para ahli sepakat bahwa cukup tidur itu sama pentingnya, seperti diet dan olahraga, dalam hal untuk menurunkan berat badan.

Di bawah ini ada 4 cara  yang dapat Moms lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, sekaligus membantu menurunkan berat badan.   

Batasi konsumsi kafein

Kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama 6 sampai 9 jam setelah dikonsumsi. Ini bisa membuat sulit tidur bagi Moms yang sensitif terhadap kafein. Batasi terakhir minum kopi itu pada pukul 2 siang. 

“Ah, saya sih tidak terpengaruh. Mau minum kopi setelah makan malam pun tetap bisa bisa tidur,” kata Moms Aryandra.  

Konsumsi kafein bisa jadi tidak memengaruhi waktu tidur Moms Aryandra. Ia tetap dapat tidur tepat pada waktunya. Tapi, mungkin, ia tidak menyadari masih memiliki sisa-sisa stimulan kafein di sistem tubuhnya. Akibatnya, tidur jadi kurang nyenyak atau  ia lekas terbangun dari waktu yang seharusnya. 

Kafein ini bukan hanya dari kopi. Kafein juga bisa berasal dari minuman cokelat, teh dan energy drink.

Kurangi atau hilangkan minuman alkohol 

Minum wine sekarang mulai menjadi popular di kalangan wanita. Rasa buah yang manis, sedikit asam membuatnya menyenangkan untuk diminum. Namun, seperti bir, wine pun mengandung alkohol. 

Alkohol adalah obat penenang. Alkohol dapat membantu tertidur lebih cepat. Namun, karena kemungkinan besar membuat tertidur lelap dengan cepat, ini justru dapat mengganggu siklus tidur. Karena, menyebabkan ketidakseimbangan dan menurunkan kualitas tidur secara keseluruhan. Akibatnya, waktu tidur pun berkurang dan mengalami lebih banyak gangguan tidur.

Alkohol, terlebih diminum mendekati waktu tidur juga bisa menyebabkan heartburn, yaitu sensasi perih dan panas seperti terbakar di dada. Dengan kondisi ini rasanya sulit untuk tidur dengan nyaman.

  1. Atur waktu jam makan

Makanlah seperti raja di siang hari, dan fakir miskin di malam hari. Artinya Moms bisa makan super kenyang di siang hari, dan makan dikit saja di malam hari.  Begitu porsi makan agar diet Moms berhasil. 

Tak cukup hanya mengatur porsi makan. Moms pun perlu mengatur agar ‘warung’ makan malam ini ditutup lebih cepat. Kebiasaan makan kemalaman menghambat pelepasan melatonin, hormon tidur alami. Kebiasaan itu pun mengacaukan metabolisme tubuh, yang akhirnya membuat Moms sulit mencapai penurunan bobot tubuh. 

Jauhi layar

Radiasi yang dipancarkan oleh layar ponsel, komputer dan perangkat gadget atau elektronik lainnya berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang untuk kesehatan. Dampak jangka pendeknya, pancaran radiasi layar itu  memberi efek negatif bagi tidur berkualitas. 

Seperti terhipnotis, memainkan atau menyalakan peralatan elektronik, pada akhirnya akan membuat Moms terus menatap layar. Akhirnya Moms menabrak jadwal tidur seharusnya. Jadi, jelang waktu tidur, segera matikan telepon atau setidaknya diatur mode senyap. Matikan pula perangkat elekronik lainnya.

Patuhi waktu tidur

Layaknya dulu tepat waktu tiba di sekolah, Moms juga perlu patuh untuk masuk kamar tidur. Tidur normal dan cukup itu antara 7 hingga 9 jam. Dengan demikian, Moms paling telat berbaring di ranjang pada pukul 10 malam. Lebih cepat, ya, lebih baik. Karena mungkin Moms membutuhkan waktu untuk akhirnya bisa menjemput kantuk. 

Cobalah relaks. Baca buku yang ringan atau menyetel musik pengantar tidur untuk mendapatkan mood tidur. Jangan lupa matikan lampu kamar tidur atau pakai lampu tidur yang temaram. Kegelapan memberi isyarat tubuh untuk melepaskan hormon tidur alami. 

Selamat tidur Moms… dapatkan tidur nyenyak yang cukup, sehingga metabolisme di malah hari pun tubuh pun optimal. Dan, bye-bye lemak…

^IK