Tahukah Moms, minuman susu fermentasi lain yang juga kaya bakteri baik seperti yoghurt? Minuman fermentasi susu tersebut bernama kefir, Moms. 

Apa itu kefir?

Kefir termasuk salah satu minuman kesehatan tertua di dunia lho, Moms. Susu fermentasi ini berasal dari pegunungan Kaukasus di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, Rusia Barat Daya. Kefir juga memiliki banyak nama lain, contohnya Kippe, Kepi, Khephir, Khapov, dan Kiaphir. 

Dari sisi warna dan konsistensi, kefir sebenarnya mirip dengan yoghurt. Namun, rasanya lebih asam dan aroma khas fermentasi seperti air tapai. Berbeda dengan yoghurt yang difermentasi menggunakan kultur bakteri Lactobacillus dan Streptococcus, kefir difermentasi menggunakan bibit atau biji kefir (kefir grain/kefir granule). 

Biji kefir ini bentuknya seperti butiran-butiran berwarna putih atau krem yang sebenarnya adalah koloni mikroba yang terdiri atas beberapa jenis bakteri seperti Streptococcus sp, Lactobacilli, dan juga beberapa jenis ragi/khamir non patogen. Jadi dari jumlah probiotik baiknya, kefir jauh lebih banyak ketimbang yoghurt. 

Manfaat Kefir 

Di Rusia, kefir merupakan minuman yang penting sebagai penunjang kesehatan dan pendukung pemulihan berbagai penyakit. Kefir sendiri karena merupakan fermentasi susu, memiliki kadar laktosa yang lebih rendah daripada susu sehingga bisa dijadikan alternatif untuk si Kecil yang intoleransi laktosa, Moms. 

Tidak hanya itu, dalam sebuah studi tahun 2021 ditemukan bahwa anak-anak usia 8-12 tahun yang rutin konsumsi minuman probiotik seperti kefir memiliki jumlah bakteri penyebab karies gigi yang lebih rendah daripada anak-anak yang tidak, Moms. 

Dalam studi yang lain, ditemukan bahwa anak-anak yang rutin minuman fermentasi susu di Rusia memiliki risiko yang lebih rendah terkena rhinopharyngitis, infeksi virus yang sering membuat anak pilek. Tidak heran sebenarnya, kefir mengandung Lactobacillus kefiri yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti salmonella.

Dikutip dari laman Badan Litbang Pertanian, kefir sendiri memang tidak hanya mengandung bakteri hidup yang baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga vitamin B kompleks, protein, dan juga lemak. 

Wah, sangat menarik ya, Moms, minuman fermentasi satu ini. Manfaatnya ternyata banyak sekali. Apakah Moms dan si Kecil pernah mencoba mengonsumsi kefir juga?