Beberapa hari terakhir sedang hangat pemberitaan tentang produk obat pereda demam anak yang memiliki kandungan Etilen Glikol di atas batas normal yang dianggap sebagai pemicu gagal ginjal akut pada anak. Hal ini tentunya membuat orang tua khawatir, sehingga banyak Moms  yang mulai mencari alternatif untuk meredakan demam pada anak. Berikut ini cara menurunkan demam anak secara alami: 

Kompres hangat 

Pertolongan pertama untuk meredakan demam ini dapat dilakukan Moms dan Dads dengan cara mengompres dengan air hangat menggunakan handuk di bagian dahi, ketiak, atau lipatan selangkangan, di mana banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit.  Hindari mengompres dengan menggunakan air dingin, karena bisa mengakibatkan pembuluh darah mengecil sehingga meningkatkan suhu tubuh anak. 

Gunakan pakaian tipis 

Setelah membasuh anak dengan lap hangat, Moms bisa memakaikan pakaian tipis. HIndari memakai pakaian berbahan tebal atau berlapis-lapis ya, Moms. Memakai baju tebal justru akan membuat panas tubuh si Kecil terperangkap. Kalau si Kecil kedinginan, Mama bisa memberikan selimut sampai dia merasa hangat lagi. 

Perbanyak minum air 

Saat suhu tubuh anak meningkat (panas), tubuh akan lebih mudah mengalami kekurangan cairan. Bila dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi pada anak terjadi lebih cepat. Jika anak masih diberikan ASI eksklusif, terus lanjutkan pemberian asupan ASI ya, Moms. Ini karena ASI mengandung sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi, diare, pneumonia, dan infeksi lainnya dalam tubuh anak.

Pada anak yang berusia lebih tua besar, Moms dapat memberikan sup ayam hangat yang terdiri dari berbagai macam sayur serta mengandung protein. Ini sangat berguna untuk membantu si Kecil melawan infeksi dalam tubuh, serta sebagai salah satu cara menurunkan demam anak secara alami. Tapi, hindari memberikan minuman yang mengandung kafein, seperti teh, cokelat, atau minuman bersoda, ya. Karena jenis minuman ini bisa membuat anak buang air kecil terus-menerus sehingga bisa meningkatkan gejala dehidrasinya.  

Istirahat yang cukup 

Cara menurunkan demam pada anak secara alami yang tak kalah penting adalah dengan memastikannya istirahat yang cukup sampai panasnya benar-benar mereda. Pastikan juga suhu ruangan membuatnya nyaman serta sirkulasi udara di kamar berjalan dengan baik. 

Konsumsi buah-buahan 

Mengonsumsi buah-buahan juga jadi cara mudah menurunkan demam pada anak secara alami yang bisa Moms lakukan di rumah. Pilihlah buah-buahan kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga mampu membantu anak dalam melawan infeksi penyebab demam. 

Balurkan bawang merah 

Bawang mampu menurunkan suhu tubuh, serta meredakan rasa nyeri.  Cukup parut 2 siung bawang merah, lalu bisa campurkan dengan telon, dan balurkan ke tubuh anak. 

Berikan air lemon dan madu 

Cukup dengan satu sendok makan madu dan satu sendok makan perasan air lemon. Lalu, berikan pada anak sebanyak satu sendok makan untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya. 

Gosokkan minyak peppermint 

Minyak peppermint atau peppermint oil diklaim dapat menenangkan dan membuat tubuh si Kecil relaks. Tak hanya itu, minyak ini dapat membantu menjaga imunitas tubuh anak dan menurunkan demam secara alami. 

Pada dasarnya, demam merupakan hal biasa yang sering terjadi pada anak. Demam adalah salah satu cara sistem imun anak bekerja pada bakteri yang menginfeksi anak. Namun, tetap cek secara berkala ya, Moms. Karena efek dari demam itu sendiri sangat beragam jika tidak lekas ditangani dengan baik. Semoga bermanfaat.