Pagi itu, Moms terlihat rapi dan elegan dengan blazer hitam. Moms sangat percaya diri memulai hari di kantor. Namun, kepercayaan diri Moms terusik, ketika melihat ‘butiran salju’ alias ketombe di area pundak  Moms. 

Ketombe umumnya bukan masalah yang perlu dikhawatirkan, Moms. Namun, jika tidak segera diatasi memang akan mengganggu kepercayaan diri. 

Penyebab ketombe

Ada masanya memang kulit kepala Moms melepaskan sel-sel kulit mati. Ini wajar sebagai siklus regenerasi sel. Disebut ketombe atau dermatitis seboroik jika sel-sel kulit mati itu terjadi pada tingkat yang lebih banyak dari biasanya. Warnanya cenderung berwarna putih atau kuning muda, dan mudah terkelupas dari kulit kepala.

Penyebab ketombe tidak jelas. Hormon diindikasikan sebagai penyebab penyebab paling sering. Karena itu,  ketombe menjadi kasus yang paling sering terjadi pada masa remaja. Di masa remaja itu terjadi perubahan hormon yang drastis.  Meski demikian,  tidak menutup kemungkinan ketombe kerap terjadi pada orang dewasa. 

Selain pengaruh hormon, ketombe disebabkan hal-hal berikut ini: 

Beberapa hal terkait cara keramas dan penggunaan produk Hal-hal lain juga dapat menyebabkan kulit di kepala mengelupas dan rontok, misalnya: 

Mengatasi ketombe

Moms tidak harus menghindari pakaian gelap selamanya. Coba tip di bawah ini untuk mencoba menghilangkan ketombe: 

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter kulit jika tidak ada tip di atas yang membantu. Dokter mungkin meresepkan sampo ketombe yang lebih kuat, seperti sampo yang mengandung ketoconazole. Obat ini efektif untuk atasi jamur di kulit kepala.

Bila pengelupasan kulit kepala ini disebabakan oleh psoriasis kulit kepala, Moms kemungkinan akan disarankan untuk berkonsultasi ke spesialis lain, seperti dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan alergi dan imunologi. 

Baca Juga : Bahan Alami Perawatan Rambut