Ambeien merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh pria maupun wanita. Meski demikian, Moms tak perlu terlalu khawatir karena gejalanya bisa mereda dengan perbaikan pola konsumsi. Misalnya, membiasakan makan makanan yang mengandung serat dan minum air yang cukup.  Bahkan pada beberapa kasus, ambeien juga bisa sembuh dengan sendirinya, Moms. 

Berikut ini beberapa pengobatan dan pencegahan untuk penyakit ambeien. 

Tetap perlu dipantau

Yang pasti Moms, ambeien tidak akan menyebabkan kerusakan langsung pada kesehatan Moms, atau ambeien nantinya bisa menyebabkan kanker. Itu mitos Moms… 

Namun, ambeien yang sering kambuh memang bisa memberikan efek  tertentu untuk kesehatan, seperti dapat membuat terjadi anemia. Ini terjadi bila ambeien itu menyebabkan perdarahan. Dan, ambeien ektsternal yang seringkali kambuh juga bisa menyebabkan infeksi jika perawatannya kurang steril. 

Untuk ambeien ini biasanya lebih disarankan beberapa pengobatan untuk meredakan gejala yang timbul, seperti rasa perih dan gatal yang sangat mengganggu. Beberapa obat ini bisa didapatkan dari apotek terdekat. Berikut beberapa hal tentang cara mengatasi ambeien yang kambuh: 

Selain itu, hindarkan beberapa hal berikut ya, Moms: 

Selain dengan pengobatan, penanganan ambeien ini bisa melalui tindakan pembedahan. Langkah operasi atau pembedahan ambeien ini menjadi langkah akhir. Hal ini perlu dilakukan jika  ambeien itu membuat Moms mengalami perdarahan secara terus-menerus di anus, sering merasakan nyeri, dan benjolan di anus terus keluar masuk.

Cara pembedahan yang paling sering dilakukan untuk penderita ambeien adalah ligasi pita karet dan hemoroidektomi.

Mencegah lebih baik

Kebanyakan wasir hilang dengan sendirinya. Perawatan pun biasanya berfokus pada menghilangkan gejala. Nah, dalam kebanyakan kasus, wasir menyusut dengan sendirinya atau dengan perawatan di rumah, Moms.

Namun, Moms yang menderita ambeien tetap perlu melakukan perombakan gaya hidup agar ambeien tidak kambuh lagi. Antara lain: 

Semoga ambeien Moms aman-aman saja ya….

^IK