Kolagen adalah protein yang membentuk struktur, kekenyalan, dan peregangan kulit. Namun seiring pertambahan usia, produksi kolagen dalam tubuh menurun sehingga bisa menyebabkan kulit kering, keriput dan menunjukkan tanda-tanda penuaan diri. Mengutip Eat This, produksi kolagen dalam tubuh melambat pada usia 30-an. 

Untuk meningkatkan kolagen, sekarang ini banyak tersedia di pasaran  suplemen kolagen. Meski demikian, kita juga bisa mendapatkan kolagen dari sumber alami yaitu makanan. Mengutip Healthline, makan makanan sumber kolagen alami juga dapat membantu menciptakan bahan penyusun (asam amino) yang dibutuhkan kulit. "Ada tiga asam amino yang penting untuk sintesis kolagen, yaitu prolin, lisin, dan glisin," kata ahli makanan dan kecantikan, Katey Davidson. 

Berikut Ini beberapa sumber kolagen alami :

Kaldu tulang 

Merebus tulang hewan dalam air adalah proses yang dipercaya dapat mengekstrak kolagen. Karena kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat, maka kaldu itu mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya. 

Daging ayam 

Daging ayam mengandung jaringan ikat yang menjadi sumber kolagen alami bagi tubuh kita. Beberapa penelitian telah menggunakan leher ayam dan tulang rawan sebagai sumber kolagen untuk pengobatan arthritis. 

Ikan dan kerang 

Ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim makanan laut tersebut adalah salah satu sumber kolagen alami yang paling mudah diserap tubuh. Faktanya, peneliti menggunakan kulit ikan sebagai sumber peptida kolagen. Jadi saat makan ikan pastikan menyantap kulitnya juga. Kulit ikan telah digunakan untuk membantu menyembuhkan korban luka bakar.

Putih telor 

Prolin adalah salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. Putih telur secara total mengandung 18 asam amino dan 9 asam amino esensial. Lebih khusus lagi, jenis kolagen yang ada dalam putih telur menyediakan glukosamin sulfat, kondroitin sulfat, asam hialuronat, dan berbagai asam amino lain yang diperlukan untuk produksi kolagen. 

Tomat 

Satu buah tomat berukuran sedang dapat menyediakan hampir 30 persen vitamin C yang penting untuk produksi kolagen dalam tubuh. 

Setelah kita mengetahui beberapa sumber kolagen alami,  Saatnya kita bahas apa sih manfaaat kolagen ? Manfaat kolagen mungkin lebih populer sebagai kandungan yang dapat merawat kulit. Padahal, sebenarnya kolagen masih punya banyak manfaat lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri sendi dan mendukung kesehatan jantung. 

Terdapat lima manfaat kolagen dalam mendukung kesehatan tubuh, yaitu: 

  1. Mengencangkan kulit dan mencegah penuaan.
  2. Mengurangi selulit. 
  3. Meningkatkan massa otot.
  4. Meredakan nyeri sendi.
  5. Mendukung kesehatan jantung.

 Selain beberapa manfaat kolagen di atas, masih ada beragam manfaat lain, seperti meningkatkan kekuatan kuku, merangsang pertumbuhan rambut, dan mendukung kesehatan usus.