Ambeien atau sering juga disebut wasir termasuk penyakit jutaan umat manusia, Moms. Penelitian American College of Gastroenterology (ACG) saja memerkirakan hampir separuh orang Amerika, baik pria maupun wanita,  menderita wasir pada usia 50, dan 5% dari populasi Amerika Serikat telah mencari perawatan medis untuk ambeien. 

Konon, wanita rentan terkena ambeien, benarkah? Simak penjelasan berikut ini ya, Moms. 

Apa itu ambeien?

Ambeien  adalah kondisi saat pembuluh darah di sekitar anus melebar atau membesar karena adanya peningkatan tekanan. Pada kondisi biasa, jaringan di seputar pembuluh darah itu memberi dukungan ekstra di lubang anus. Cara kerjanya mirip seperti otot dasar panggul yang membantu menjaga urin agar tidak bocor saat Moms, misalnya batuk yang keras atau tertawa terbahak-bahak. 

Ambeien ada yang bisa bersifat internal atau eksternal. Ambeien  internal berkembang di dalam anus atau rektum. Sedangkan ambeien eksternal berkembang di luar anus. Nah, ambeien eksternal inilah adalah yang paling umum terhadu dan paling merepotkan. 

Gejala ambeien

Berikut ini adalah  gejala ambeien yang sering muncul pada wanita:  

Kondisi ini membuat Moms merasa tidak nyaman untuk duduk, terutama bila duduk di kursi atau bangku dengan permukaan yang keras. 

Gatal yang dirasakan bila Moms mengalami ambeien ini bisa tidak tertahankan, terutama di sekitar anus. Rasa gatal ini berasal dari iritasi di kulit anus yang disebabkan oleh feses mikroskopik yang terdapat dalam lendir.

Ini gejala ambeien yang sangat khas. Benjolan ini merupakan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. 

Penderita ambeien umumnya juga akan merasakan nyeri ketika buang air besar. Akibat rasa nyeri ini, mungkin akan membuat Moms jadi enggan untuk buang air besar. Padahal, itu hanya akan membuat perut Moms menjadi tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan kebocoran tinja. 

Kondisi ini dapat terjadi karena pembuluh darah yang berada di sekitar anus mengalami pembengkakan, kemudian pecah.

Rentan terjadi pada wanita 

Terkait dengan wanita, ambeien memang rentan terjadi pada wanita, terutama pada Moms hamil. Mengapa? Karena selama kehamilan, jaringan di bagian rektum atau anus menjadi lebih lemah, dan hormon pada Moms hamil  menyebabkan pembuluh darah mengendur dan membengkak. 

Persalinan melalui vagina pun bisa memicu ambein, Moms. Pembengkakan pembuluh darah bisa terjadi akibat mengejan terlalu keras untuk mendorong bayi keluar. 

Selain kondisi tersebut, beberapa hal berikut juga bisa membuat Moms rentan ambeien:

Apakah ambeien bisa jadi pertanda kanker? Berita baiknya Moms, ambeien tidak berhubungan dengan kanker, seperti kanker kolorektal (usus). Namun, jika BAB Moms sampai mengeluarkan darah atau berwarna hitam, sebaiknya pergi memeriksakan ke dokter. Terlebih, jika Moms sudah melakukan upaya memperbanyak serat dan minum air putih ternyata kondisi berlanjut. Ada beberapa penyakit lainnya terkait dengan BAB berdarah, selain ambeien. 

^IK