Bergerak, menjadi aktif itu penting bagi kesehatan tubuh. Beragam penyakit bisa timbul karena malas bergerak. Dengan bergerak pun metabolisme tubuh lancar, sehingga Moms bisa mengatakan: bye..bye … kegemukan. 

Berolahraga merupakan cara terbaik untuk membuat Moms bergerak. Masalahnya bagi Moms yang bekerja atau memiliki anak yang masih kecil meluangkan waktu untuk berolahraga sungguh sebuah kemewahan. 

Tapi jangan khawatir Moms. Berikut adalah 10 cara untuk bergerak lebih banyak dalam keseharian Moms di tengah jadwal Moms yang sibuk.

Naik tangga

Ini mungkin nasihat yang membosankan. Moms sudah mendengarnya berkali-kali. Namun, perlu lho dipraktekkan. Ini alasannya: Naik tangga  daripada naik lift atau elevator itu meningkatkan detak jantung Moms, membantu daya keseimbangan, dan meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah. 

Jika Moms lelah dan hanya punya sedikit waktu, Moms coba cari area yang lebih tinggi. Lalu langkahkah kaki turun naik selama beberapa menit. Atau, bisa juga naik tangga itu dua sekaligus. Moms lebih cepat sampai dan gerakan aktif tercapai. 

Gabungkan antara rapat kantor dan jalan kaki

Jika Moms bekerja dari rumah atau perusahaan masih menjalankan work from home (wfh), tetap ada kesempatan bagi Moms untuk menjadwalkan jalan kaki setiap hari. Tidak lama, kok. Paling hanya 30 menit hingga 1 jam. 

Pilihlah waktu meeting yang membuat Moms tidak perlu menatap layar untuk melihat spreadsheet. Lalu, colokkan headphone, masukkan ponsel ke dalam saku, dan berjalan kaki sambil mendengarkan rapat. 

Bagaimana jika Moms sudah full masuk kantor? Moms mengadakan meeting yang membuat tim Moms berjalan ke ruang rapat atau tempat pertemuan di luar yang cukup jauh.  Usahakan jalan bersama tim ya Moms. Berjalan bersama meningkatkan ikatan tim, bahkan dapat menemukan ide yang lebih baik. Penelitian menunjukkan berjalan meningkatkan kreativitas dan meningkatkan ketajaman mental.

Gerak lunges sambil belanja 

Lunges adalah gerakan seperti melangkah lebar dengan tubuh tegak, lalu lutut ditekuk dan tubuh diiturunkan hingga lutut belakang hanya beberapa centimeter dari lantai. Gerakan ini bisa dilakukan dengan variasi jalan. Yang disebut walking lunges.

Saat Moms berbelanja, cobalah walking lunges ini sewaktu menyusuri lorong supermarket sambil berpegangan pada gerobak. Gerobak menawarkan titik keseimbangan yang baik. Moms bisa mendapatkan sekitar 10–20 lunge, tergantung seberapa jauh lorong supermarket. Malu? Tak perlu Moms. Karena gerakan ini bisa membuat otot perut, paha, pinggul, hamstring, dan betis. Manfaat yang jauh lebih besar ketimbang rasa malu.

Duduk di atas exercise ball

Jangan melulu duduk di kursi kantor. Secara bergantian duduklah di  exercise ball.  Ini dapat membantu mengatasi sakit punggung dan membantu memperbaiki postur. Dan,  sambil duduk di atas bola  ini Moms dapat melakukan beberapa peregangan lembut untuk bagian leher, panggul, dan tulang belakang.

Parkir lebih jauh

Meskipun kita harus aman dan waspada terhadap lingkungan sekitar, jika Moms berada di area yang aman dan memiliki penerangan yang baik, pertimbangkan untuk parkir lebih jauh dari pintu masuk ke mana pun Moms pergi.  

Bercinta lebih sering 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa seks membakar kalori dengan kecepatan sekitar 3,1 kalori per menit untuk wanita dan sekitar 4,2 kalori untuk pria. Jadi, meskipun kalori yang dibakar tidak sebesar dengan berlari,  Moms tetap bisa (pasti) berkeringat saat bercinta. Coba posisi dan teknik baru, dan aktiflah  ‘bergerak’. Have fun!

Miliki hewan peliharaan

Anjing adalah hewan yang perlu dibawa berjalan-jalan setiap hari. Sambil membahagiakan hewan peliharaan, Moms pun bisa membuat tubuh lebih bugar. Si Kecil biasanya akan senang hati menemani Moms berjalan-jalan bersama si anabul ini. 

Menarilah!

Saat membersihkan rumah, memasukkan bau kotor ke mesin cuci, menyedot debu, melipat cucian atau memasak, semuanya bisa Moms selingi dengan menari. Setel lagu favorit Moms. Dan, buatlah tumbuh Moms bergerak. Tidak perlu menjadi penari hebat untuk meliukkan tubuh mengikuti irama.  Tak perlu  malu juga ya, Moms jika gerakannya tidak oke. 

Menari adalah cara luar biasa untuk membakar kalori, sekaligus melatih keseimbangan dan koordinasi. Plus, Moms pun dapat menjadikannya permainan atau kontes dengan si Kecil. Dia pasti suka mengikuti gerakan ibunya. 

Gerakkan dengan permainan

Selama ini malam permainan keluarga hanya melibatkan permainan papan, seperti ular tangga, monopoli. Moms bisa menggantinya dengan permainan yang lebih menggerakkan tubuh, seperti  petak umpet, main kasti, ular naga panjang, lompat tali, engklek, hula hopp atau limbo. Pokoknya, permainan seru semasa kecil bisa dimainkan. 

Berolahraga sambil menonton TV

Moms menonton TV sebenarnya jangan hanya  rebahan di sofa. Moms bisa melakukan berbagai hal. Coba gelar matras yoga. Moms bisa melakukan pose plank, leg lift yang menurunkan dan menaikkan paha, squat atau lunges. 

Lebih seru jika ada treadmill atau sepeda statis. Tanpa terasa dengan Moms bisa menghabiskan setidaknya satu serial Netflix atau acara komedi Lapor Pak! Semua ini tanpa terasa sudah membuat Moms  menghabiskan waktu hampir 1 jam membugarkan badan. 

Jadi, selalu ada jalan sebenarnya untuk bergerak agar tubuh bugar dan sehat.

^IK