Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya wanita menghabiskan sekitar enam jam setiap minggu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Mulai dari menyapu, menggosok dan membersihkan perabotan, mengepel lantai, membersihkan dapur dan kamar mandi.

Tak mengherankan bila Moms begitu kelelahan untuk urusan pekerjaan rumah tangga ini. Jika Moms harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga seorang diri, contek cara cerdas bersihkan rumah dan peralatan dapur berikut ini, Moms: 

Bersihkan alat bekas memanggang

Memasak lasagna, pudding roti,  atau makanan serba dipanggang lainnya memberikan risiko meninggalkan bekas mkanan yang susah diangkat. Sisa makanan ini menempel kuat pada cetakan atau wadah panggangang. Nah, untuk menganggkatnya, jangan Moms paksa dengan menggosok pakai sabut cuci piring. Selain melelahkan, bekasnnya tetap sulit dibersihkan sempurna.

Jadi, coba Moms tuangkan sekaleng Coca-Cola ke dalam wadah ini. Biarkan beberapa jam atau semalaman. Besoknya Moms akan melihat wadah panggang ini mudah dibersihkan dan dibilas hingga bersih. Bahan-bahan dalam minuman bersoda memang memecah minyak yang dipanggang.

Noda pakaian

Pakaian tercoreng moreng oleh noda spidol adalah masalah klasik pada pakaian anak-anak. Merendamnya dengan deterjen tidak akan menghilangkannya. Coba Moms buat larutan semprot dari beberapa tetes sabun cuci piring yang  diberi air. Kocok dulu larutan ini baru disemprotkan ke bagian pakaian yang bernoda. Gosok atau sikat perlahan, sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Larutan sabun cuci piring ini dapat membantu mengangkat noda pewarna berbasis minyak serta percikan minyak dari masakan. 

Hilangkan bekas uap air di meja kayu

Kopi, teh dan susu hangat yang langsung diletakkan di meja seringkali meninggalkan bekas lingkaran. Cara menghilangkannya cukup dengan bantuan hair dryer. Arahkan pengering ini ke noda tersebut. Jangan terlalu dekat. Gerakkan bolak balik seperti Moms mengeringkan rambut yang basah sampai noda hilang. Panas membantu uap air yang terperangkap menguap. Setelahnya,  baru Moms berikan setetes minyak zaitun dan lap hingga mengilap. Meja pun tampak baru lagi, Moms.

Hilangkan bau

Mudahnya memang Moms semprotkan pengharum ruangan, Tapi, terlalu banyak juga juga tidak sehat bagi keluarga. Moms bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial lemon ke filter vakum. 

Minyak esensial juga dapat dipakai untuk menghilangkan noda minyak dari kompor, backsplash, atau meja dapur. Caranya, Moms teteskan beberapa tetes minyak esensial ini ke kain lap basah. Lalu gosokkkan. Kotoran hilang, dapur Moms pun terasa segar alami.

Hilangkan jamur menempel

Jamur yang menempel di tirai shower mengganggu pemandangan mata ya, Moms. Tampak bercak-berak kehitaman. Dan tentunya tidak sehat. Buang saja? Jangan, dong. Manfaatkan handuk tua yang tidak terpakai. Lalu cuci bersama bersama tirai ini dengan memakai air hangat dan deterjen.  Handuk tua itu akan membantu menghilangkan penumpukan dari gorden sehingga menjadi seperti baru.

Bersihkan sudut dan Celah

Sudut atau celah susah dibersihkan sekalipun memakai penyedot debu. Sementara jika Moms sikat atau sapu juga memakan waktu dan tenaga. Nah, berdayakan vacuum cleaner ini dengan memanfaatkan gulungan karton bekas toilet gulung. Tempelkan ke ke ujung selang vakum. Gulungan karton ini akan fleksibel untuk menjangkau  sudut dan celah yang sulit dijangkau.

Wastafel selalu bersih

Simpan atau gantung kain lap di wastafel kamar mandi untuk menghapus percikan di wastafel dan kaca, segera setelah mencuci tangan dan menyikat gigi. Ingatkan keluarga Moms untuk melakukannya segera. Ini akan mencegah percikan air atau sabun berubah menjadi bintik-bintik air yang tidak sedap dipandang. Hanya perlu beberapa detik dan mengurangi waktu pembersihan dalam jangka panjang.

Bersihkan bilah Kipas

Kipas langit-langit rumah sering menjadi tempat menempel debu yang tebal. Untuk membersihkan, Moms bisa manfaatkan sarung bantal bekas. Semprotkan di bagian dalamnya  cairan  pembersih permukaan. Selipkan sarung bantal ke salah satu bilah kipas, tarik dan bersihkan. Ulangi dengan bilah  lainnya. Teknik sederhana ini membuat  debu kipas tidak berhamburan jatuh ke lantai atau furniture.

Microwave dan oven listrik tanpa noda

Untuk menghapus sisa makanan di microwave atau oven listrik yang membandel dan menempel, basahi serbet bersih, lalu letakkan di bagian dalam panggang selama 30 detik.  Uap yang dikeluarkan membantu pengelupasan makanan tersisa, sehingga Moms tinggal membersihkannya tuntas dengan lap handuk hangat. Hati-hati saat mengangkat kain panas ya Moms.

Bersihkan tirai dapur

Tirai dapur dari plastik dan vinil bisa lengket karena penumpukan lemak. Jika dilap satu-satu tentunya akan memakan waktu ya, Moms. Sebagai gantinya, isi bak mandi atau bak cuci besar dengan air panas, dan tambahkan beberapa semprotan produk pembersih atau deterjen penghilang lemak. Kemudian rendam selama satu jam. Moms akan melihat tirai ini bersih tanpa harus menyekanya. Untuk mengeringkan, cukup gantungkan di atas batang tirai shower. 

Semoga beberapa tip di atas membantu Moms membersihkan rumah dengan cepat. Happy bersih-bersih Moms

^IK