Mempersiapkan bahan makanan untuk memasak seringkali lebih memakan waktu ketimbang memasaknya ya, Moms. Karenanya, Moms membutuhkan langkah-langkah praktis agar bahan makanan untuk memasak bisa disiapkan dengan cepat dan aman bagi kesehatan keluarga. Apalagi, bila Moms hanya memiliki sedikit waktu untuk persiapan ini.  

Trik ini bisa Moms gunakan saat mempersipakan makanan di bulan puasa. 

Berikut beberapa hal yang Moms bisa lakukan:

Jaga agar kentang tetap putih

Rendam kentang yang telah dikupas atau dipotong dadu dengan air dingin sebelum dimasak untuk mencegah warna kentang berubah menjadi keabu-abuan/coklat. Kentang berubah warna itu disebabkan oleh pelepasan pati yang membuatnya teroksidasi.

Tomat anti busuk

Simpan tomat dengan menghadapkan ujung bekas batangnya itu ke arah bawah. Posisi ini mencegah udara masuk dan uap air keluar dari bekas ‘luka’ sewajktu tomat dipetik. Tomat pun bisa disimpan di dalam kulkas atau di luar. Sama awetnya, kok.

Umur pisang umur lebih panjang

Simpan pisang segar lebih lama dengan membungkus ujung tandan dengan bungkus plastik. Lebih baik lagi, pisahkan setiap pisang. Kedua taktik tersebut menghalangi pelepasan gas etilen yang membuat pematangan pisang ini terlalu cepat.

Brokoli atau bunga kol super bersih

Kotoran, seranggga atau ulat kecil mungkin menyelinap di antara kuntum brokoli atau bunga kol. Untuk membersihkannya, Moms lakukan ini: 

Cegah buah potong dari kecoklatan

Sudah capek mengupas, eh, tak lama apel kupas ini warnanya jadi coklat. Tak jarang membuat malas memakan atau mengolahnya karena tampak tidak segar.  Bukan hanya apel, buah  pisang atau alpukat juga suka seperti ini. Nah, untuk mencegah perubahan itu  coba beri sedikit perasan air lemon  atau berikan campuran madu dan air dengan perbandingan 1 : 2. Kedua cara tersebut dapar memperlambat proses oksidasi yang menyebabkan perubahan warna pada buah potong.

Terung anti lembek

Terung salah satu bahan makanan yang enak dan bernutrisi. Namun, setelah dimasak seringkali menjadi terlalu lembek. Membuat tampilannya kurang sedap di pandang mata dan agak geli ya Moms saat memakannya. Nah, untuk mencegah terung jadi kelembekan, coba Moms rendam terung dalam air yang diberi sedikit kapur sirih selama beberapa menit. Baru setelahnya, Moms olah untuk berbagai masakan. Terung lembut dengan rasa tetap crunchy

Cek kesegaran telur

Kesal sekali rasanya kalau mendapati telur tidak segar. Bau dan rasanya tak jarang bikin mual. Masalahnya, telur tidak segar atau mendekati mual itu bisa jadi tidak tercium lewat hidung. Moms baru mengetahuinya ketika dipecahkan. Untuk mengecek kesegaran telur ini, coba siapkan semangkuk air dingin. Lalu, masukkan telur dengan hari-hati ke dalammnya. Telur yang tenggelam itu aman untuk Moms pakai. Jika telur itu mengapung, sebaiknya sih tidak Moms pakai. Bagaimana kalau antara tenggelam dan mengapung alias mengambang? Nah, ini mungkin belum busuk, tapi kesegarannya sudah berkurang.

Ambil potongan cangkang telur

Mengambil retakan atau potongan cangkang telur yang tertinggal bisa menyulitkan. Apalagi, jika Moms sudah memecahkan beberapa telur. Potongan cangkang ini seolah-olah bisa menggeliat, lari dalam jangkauan. Tenang, Moms… ada dua solusi mengambilnya. Pertama, coba basahi jari-jari sebelum meraihnya.  Solusi lain, ambil potongan dari telur yang sudah pecah. Seperti magnet, cangkang ini akan menarik retakan atau potongan cangkang telur yang terpisah. Tapi, pilih cangkang yang bersih ya….

Keluarkan biji labu atau melon dengan mudah

Buang biji dari buah, seperti labu dan melon dengan sendok es krim. Karena ujung sendoknya tajam, sehingga memotong serat dan biji yang lengket lebih mudah dan bersih daripada memakai tangan atau sendok biasa.

Potong sayur dengan cepat

Selain dipotong pakai pisau di atas talenan, Moms bisa memanfaatkan gunting dapur untuk memotong sayuran, seperti bayam, pakcoy, lettuce dan kangkung. Sebelumnya cuci bersih sayuran di air mengalir. Lalu, satukan semua sayur dulu, jika perlu diikat. Baru Moms potong dengan gunting. Ini lebih cepat dan aman.

Daging terasa empuk

Daging yang kenyal menyulitkan untuk dikunyah, sehingga mengurangi selera makan. Apalagi untuk si Kecil yang baru belajar mengenal makanan. Nah, untuk membuat daging empuk, coba ikuti beberapa tip ini: 

Kupas bawang tanpa perih

Bikin bawang  merah goreng sendiri memang enak. Tapi mengupas dan mengiris bawang merah dalam jumlah banyak bisa membuat Moms menangis seperti menonton drakor yang mellow.  Coba ikuti saran ini: 

Mudah mengelupas bawang putih

Jika ingin mengelupas bawang putih dalam jumlah banyak, coba Moms rendam terlebuh dulu bawang putih dalam air hangat selama beberapa menit. Cara ini membuat kulit bawang putih mudah terkelupas. Tapi, jika hanya menggunakan beberapa siung saja, cukup geprek bawang putih ini dengan pisau besar atau ulekan. Setelahnya, Moms tinggal buang bagian ujungnya yang keras dan kering.

Olah cabe tanpa bikin tangan panas

Bikin masakan dengan bahan cabe suka meninggalkan rasa panas di tangan. Memang akan hilang setelah beberapa jam, tapi tetap rasanya tidak nyaman. Untuk mencegahnya, Moms oleskan sedikit minyak sayur di tangan sebelum memegang atau mengiris cabe. 

Kupas kulit tipis empon-empon

Empon-empon seperti jahe, kunyir atau kencur bisa Moms bersihkan dengan cara mudah, tanpa pisau. Moms cukup kerok kulitnya dengan menggunakan sendok. 

Kupas kentang tanpa pengupas

Malas mengupas kentang pakai alat pengupas atau pisau? Coba Moms gunakan teknik blansing. Jadi, Moms rebus kentang selama beberapa menit. Setelah itu, segera rendam dengan air yang diberi es. Kulitnya akan terpisah dengan mudah. 

Kupas telur rebus dengan cepat

Telur rebus bisa dibuat balado, gulai telur, atau semur. Tapi mengupas telur ini tak jarang butuh waktu. Terkadang juga sulit dipisahkan dengan cangkangnya. Untuk membuat cangkang ini mudah dikupas setelah direbus, coba Moms rebus telur dengan menambahkan sedikit soda kue ata cuka. Kedua zat tersebut menembus kulit telur dan membantu albumen (yang berarti putih telur) terpisah dari cangkangnya.

Parutan keju anti berantakan

Beberapa jenis keju perlu perlakuan khusus agar tidak lengket dan membuatnya berantakan. Begini caranya: 

Air susu untuk ikan

Ikan yang sudah disimpan di kulkas selama beberapa waktu mungkin tampak dan berbau kurang segar. Solusinya, Moms rendam ke dalam air susu selama beberapa menit. Hasilnya, ikan kembali segar dan bebas bau amis. 

Mengupas udang

Membersihkan udang bisa jadi pekerjaan yang menyulitkan, apalagi jika udang ini tidak terlalu besar. Ini triknya: 

Jika akan menyimpan udang di kulkas, masukkan udang ke wadah yang rapat atau dibungkus dalam kantong plastik. 

^IK