Sebagai sumber bahan pangan yang tinggi protein, lemak sehat, dan zat gizi penting lainnya, telur patut menjadi bagian dari diet anak-anak kita. Tidak hanya karena kandungan gizinya, kemudahannya untuk diolah dan dicampurkan ke makanan lain dan memberikan berbagai pengalaman rasa di indera pengecap anak, menjadikan telur primadona bagi Moms dan si Kecil. 

Telur sebagai lauk makan berat mungkin sudah biasa, tetapi bagaimana dengan camilan dari telur? Bisa banget kok, Moms! Justru telur merupakan camilan bergizi yang jauh lebih baik ketimbang makanan kemasan kosong nutrisi. Biar tidak bingung, yuk disimak beberapa inspirasi camilan yang berbahan dasar telur berikut ini. 

Panekuk 

Panekuk bisa jadi pilihan camilan dari telur pertama yang bisa Moms coba untuk si Kecil. Cukup campurkan telur dengan tepung oat dan pure pisang, lalu panggang di penggorengan, sudah jadi camilan mudah yang bergizi. Panekuk 3 bahan ini bahkan aman untuk si kecil yang masih MPASI karena tidak mengandung garam maupun gula tambahan. 

Muffin 

Muffin adalah salah satu pilihan camilan dari telur yang bisa dikreasikan baik sebagai camilan gurih maupun manis. Contoh muffin gurih adalah muffin yang dibuat dari telur, keju, daun bayam, dan tomat. Moms juga bisa membuat versi manisnya dengan mencampurkan telur dengan wortel dan pisang yang sudah berbintik-bintik hitam dan memanggangnya dalam cetakan muffin. 

Bakso Telur 

Bakso yang di dalamnya berisi telur rebus bisa jadi camilan dengan kejutan yang menyenangkan untuk si Kecil. Baik disajikan dalam sup atau dikonsumsi secara langsung, bakso telur bisa jadi camilan lezat bahkan untuk seluruh anggota keluarga. 

Nah itu dia beberapa inspirasi camilan dari telur yang bisa Moms kreasikan di rumah. Saat memberikan telur pada si kecil, pastikan matang sempurna dan ukurannya sesuai dengan kemampuan menggenggam dan mengunyah si kecil ya, Moms. 

Telur juga adalah alergen yang umum, jadi jangan lupa perhatikan reaksi tubuh si kecil saat mengenalkan telur ke dalam dietnya. Tanda-tanda alergi bisa tampak dari ruam di tubuh, gangguan pencernaan, gangguan emosi, hingga kesulitan bernapas. Semoga bermanfaat.