Dessert atau makanan penutup seringkali diidentikkan dengan makanan bergelimang gula yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi rutin. Sehingga tidak heran ada banyak orang yang merasa bersalah ketika mengonsumsinya. Padahal ya Moms, ada lho, pilihan dessert sehat yang tetap lezat. Penasaran? Mari simak daftarnya berikut ini. 

Puding Chia Santan 

Puding yang satu ini sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tidak akan membuat Moms merasa bersalah saat memakannya. Biji chia yang mirip dengan selasih ini adalah satu jenis makanan yang sering disebut sebagai makanan super karena kandungan gizinya yang tinggi. Biji chia kaya antioksidan, serat, mineral, dan asam omega 3 yang bisa mendukung kesehatan jantung, tulang, dan gula darah. 

Cara membuat: campurkan santan, biji chia, dan madu ke dalam gelas. Lalu tutup dan diamkan di kulkas selama 4 jam atau semalaman agar mengental. Moms bisa menyajikan puding chia dengan irisan buah-buahan di atasnya atau dengan daging buah kelapa. 

Cokelat Kacang Tanpa Dimasak 

Cokelat murni sebenarnya adalah makanan yang kaya antioksidan dan bersifat antiinflamasi. Namun, cokelat-cokelat batangan yang ada di pasaran biasanya telah dicampur gula yang sangat banyak dan aditif makanan, sehingga tidak lagi sesehat bahan aslinya. Nah, Moms bisa nih membuat dessert sehat di rumah menggunakan cokelat tanpa perlu dimasak. 

Cara membuat: campurkan kacang tanah panggang, bubuk kakao, secubit garam, oat, minyak kelapa, dan sirup maple ke dalam food processor. Setelah tercampur sempurna, tuang adonan ke cetakan dan masukkan ke dalam kulkas. Potong-potong saat sudah beku. 

Yogurt Stroberi Beku 

Makanan penutup yang dingin biasanya adalah favorit anak-anak. Tapi kalau membeli es krim pabrikan, tentunya akan tinggi sekali gula dan kandungan aditif makanannya. Nah, yogurt beku bisa jadi alternatif dessert sehat yang dingin Moms. 

Cara membuat: blender yogurt plain dengan buah stroberi hingga rata, campurkan sedikit madu sebagai pemanis. Tuang ke dalam mangkok kecil dan bekukan di freezer selama 4 jam. Sajikan dingin pada si Kecil. 

Nah, ternyata ada banyak ya pilihan dessert sehat yang juga mudah dibuat di rumah. Sudah mencoba yang mana saja, Moms?